Ditemukan 11.000 Pil Narkoba di Meja Bertulis Alquran

Narkoba yang disimpan dalam meja bertuliskan ayat Al Quran.
Sumber :
  • Al Arabiya

VIVA.co.id – Arab Saudi menyita 11.000 pil Captagon yang tersembunyi di meja yang bertuliskan ayat-ayat Alquran. Pil ini kerap digunakan oleh militan ISIS.

Sisir Markas Teroris di Sinai Utara, Militer Mesir Temukan Ganja

Diberitakan oleh Al Arabiya, 31 Juli 2017, petugas bea cukai di Bandara Internasional Raja Khalid di ibu kota Saudi Arabia berhasil menggagalkan dua usaha penyelundupan terpisah dari 11.000 tablet Captagon. Belasan ribu pil tersebut disembunyikan ke dalam kaca dan meja kayu yang memuat ayat-ayat Alquran.

Direktur Bea Cukai Bandara Internasional King Khalid, Mohammed Al-Aqeel, mengatakan bahwa pemeriksaan pertama Bea Cukai yang melakukan prosedur pemeriksaan biasa menemukan pil-pil tersebut dikemas dalam sebuah bungkusan yang memuat meja kaca bertuliskan ayat-ayat al quran. Pemeriksaan berikutnya, menemukan di dalam lapisan kayu yang membingkai meja kaca tersebut ditemukan kembali 2.832 pil Captagon.

Al Baghdadi Tewas, Mabes Polri Tetap Waspada

Al Aqeel menceritakan,  pengiriman kedua tiba dengan penerbangan lain melalui sebuah perusahaan jasa pengiriman. Kiriman itu berisi meja kayu, dimana lebih banyak pil Captagon ditemukan tersembunyi di dalam lapisan kayu rahasia.

Captagon adalah salah satu dari beberapa nama merek untuk senyawa obat fenethylline hydrochloride. Diberitakan oleh Newsweek, sepanjang bulan Februari hingga Mei 2017, investigator di seluruh Eropa menyita ribuan pil Captagon. Pil ini juga dikenal sebagai "The Jihadis Drugs."  Pil tersebut merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan konsentrasi dan performa fisik, dan memberikan perasaan nyaman. Pil ini juga bisa membuat penggunanya terjaga dalam waktu yang lama, mengurangi rasa sakit, dan menimbulkan eforia.

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Tahun 2014 CNN pernah memberitakan, seorang mantan pejuang ISIS mengaku diberikan obat yang membuatnya berhalusinasi dan maju ke medan perang tanpa peduli, apakah bisa bertahan hidup atau akan mati. Pengakuan ini menguatkan dugaan para ahli bahwa ISIS memberikan pil halusigenik sejenis Captagon.

Obat-obatan.

ISIS Produksi Narkoba 'Obat Jihad' untuk Danai Aksi Terorisme

Polisi membongkar penyimpanan obat-obatan senilai Rp16 triliun.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020