Bersyarat, Arab Saudi Cs Akhirnya Siap Dialog dengan Qatar

Suasana di pasar Souq Waqif, Doha, Qatar, 6 Juni 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Naseem Zeitoon

VIVA.co.id – Akhirnya, empat negara yang memusuhi Qatar menyatakan siap melakukan dialog dengan negara yang mereka isolasi tersebut. Hal itu diungkapkan usai pertemuan yang dilakukan oleh masing-masing menteri luar negeri dari negara Arab Saudi, Bahrain, Mesir dan Uni Emirat Arab.

Sepuluh Perempuan Saudi Pertama Akhirnya Dapat SIM

Pertemuan itu sebagaimana dilansir Reuters, dihelat pada Minggu, 30 Juli 2017 di Ibu Kota Bahrain, Manama. Krisis antara Qatar dengan negara-negara tetangganya tersebut diketahui masih berlanjut.

Mereka menyatakan siap berdialog dengan Qatar asalkan negeri kecil namun kaya itu bersedia mengabulkan permintaan Arab Saudi Cs. Negara-negara tersebut memutuskan hubungan dengan Qatar sejak 5 Juni 2017 dengan tudingan bahwa Qatar mendukung kegiatan terorisme dan menjadi sekutu Iran yang diketahui memiliki ketegangan dengan Arab Saudi.

Diembargo 4 Negara, Qatar Justru Makin 'Pede'

Sebelumnya, upaya diplomasi yang dilakukan oleh Kuwait dan sejumlah negara Barat telah gagal mendamaikan Qatar dan Arab Saudi Cs. 

Menlu Sheikh Khalid bin Ahmed al-Khalifa mengatakan, Qatar harus segera menghentikan pendanaan atas terorisme. Dia mengatakan, ada 13 poin yang disepakati empat negara tersebut agar diterima oleh Doha. (ase)

Masih Ada 20 WNI di Arab Saudi Terancam Hukuman Mati
Perempuan di Arab Saudi mengendarai mobil

Sah, Perempuan di Arab Saudi Boleh Nyetir Mobil di Jalanan

Larangan mengemudi bagi perempuan di Arab Saudi resmi dicabut.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2018