AS kepada Korea Utara: Kami Bukan Musuhmu

Girangnya Presiden Korea Utara usai uji coba rudal balistik antarbenua
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA.co.id – Pemerintah Amerika Serikat mengaku tak ingin mengganti rezim di Korea Utara. Pernyataan tersebut disampaikan Menlu AS Rex Tillerson.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Tillerson mengatakan hal itu di tengah meningkatnya intensitas uji coba senjata yang dilakukan Korea Utara. "Kami bukan musuh Anda," ujar Tillerson, seperti dikutip dari BBC, 2 Agustus 2017. Ia juga mengajak Korea Utara berdialog dalam beberapa hal.

"Kami tak hendak melakukan pergantian rezim. Kami tak ingin membuat rezim ini kolaps. Kami tak meminta percepatan reunifikasi semenanjung Korea. Kami juga tak melihat alasan untuk mengirim militer kami ke paralel 38 di utara," kata Tillerson, merujuk pada perbatasan dua Korea.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

"Kami bukan musuh Anda. Kami bukan ancaman untuk Anda, tapi Anda terus menampilkan ancaman yang sulit kami terima, dan kami harus meresponnya," dia menegaskan.

Tes kedua ICBM, atau rudal balistik antar benua yang dilakukan oleh Korea Utara pada Jumat pekan lalu dan dirayakan oleh Kim Jong-un. Pyongyang mengklaim tes misil mereka yang terakhir bisa menjangkau seluruh daratan dan di AS.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

Sementara itu, seorang anggota senior Senat dari Partai Republik mengatakan Presiden Donald Trump mempertimbangkan opsi untuk melakukan perang dengan Korea Utara.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023