Korsel Janji Hubungan dengan RI akan Setara Negara Kuat

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in
Sumber :
  • Seo Myeong-gon / Yonhap via REUTERS

VIVA.co.id – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada hari Rabu, 2 Agustus 2017, berjanji untuk meningkatkan hubungan negaranya dengan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Peningkatan hubungan ini ia tingkatkan hingga setara dengan negara-negara paling kuat di dunia.

Penyebab Kematian Masih Misteri, Park Boram Meninggal Dalam Kondisi Seperti Ini

"Saya sangat senang melihat hubungan Korea Selatan dan Indonesia berkembang," kata Moon, seperti disampaikan oleh sekretaris persnya Yoon Young-chan dan diberitakan oleh Yonhap News, Rabu, 2 Agustus 2017.

"Saya berharap kerja sama semacam itu akan terus berlanjut untuk membantu memperkuat kemampuan pertahanan Indonesia," Moon menambahkan.

Bikin Gemas! Rowoon Senyum Semringah Saat Berinteraksi dengan Rose BLACKPINK

Ucapan Moon disampaikan dalam sebuah pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia Ryamizard Ryacudu, yang mengunjungi Korea Selatan untuk menghadiri sebuah upacara yang menandai pengiriman pertama kapal selam buatan Korea Selatan ke Angkatan Laut Indonesia.

Pertemuan tersebut diadakan di sebuah tempat peristirahatan Presiden Korsel di Jinhae, sekitar 410 kilometer tenggara Seoul, di mana Presiden Korea Selatan menghabiskan cuti lima hari.

Waspada! Pneumothorax Seperti Dialami Winter aespa, Kenali Gejala dan Bahayanya

"Presiden Moon kemudian menegaskan kembali bahwa negaranya akan mengembangkan hubungannya dengan Indonesia dan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara lainnya (ASEAN) ke tingkat hubungan dengan empat kekuatan dunia," kata Yoon dalam sebuah konferensi pers di Seoul. Keempat kekuatan utama tersebut mengacu pada Amerika Serikat, Jepang, China dan Rusia.

Moon juga menyatakan harapannya bahwa kerja sama pertahanan bilateral antara negaranya dan Indonesia akan diperluas untuk mencakup pertukaran teknologi dan pelatihan pertahanan, menurut Yoon.

Presiden Korea Selatan juga menyampaikan salamnya kepada Presiden Joko Widodo, dan mengungkapkan harapan bisa segera menemui Jokowi untuk diskusi mengenai cara-cara memperbaiki hubungan persahabatan negara mereka, juru bicara tersebut menambahkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya