PM Israel Netanyahu Dijerat Kasus Korupsi

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu.
Sumber :
  • REUTERS/Gali Tabbon/Pool

VIVA.co.id – Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu disebutkan terjerat sejumlah kasus seperti gratifikasi dan penipuan. Hal itu dibenarkan oleh Polisi Israel.

Dilaporkan ke KPK, Gubernur Edy: Senang Orang Ini Penjarakan Saya

PM Netanyahu diduga menerima suap dari seorang miliuner asal Hollywood, Amerika Serikat. Tak hanya itu, dia juga disangka sengaja memasang iklan di sebuah koran dengan nilai yang besar sebagai imbalan atas pemberitaan yang positif atas PM Israel. Kesepakatan itu disebutkan terjadi antara Netanyahu dan si pemilik koran.

Sebagaimana dikutip dari laman independenet.co.uk, Juru Bicara PM Israel membantah tudingan tersebut dan mengatakan bahwa kasus itu dibuat untuk tujuan politis. Media Haaretz juga memberitakan soal bantahan kasus ini.

Dikasih 1 Truk Jeruk, KPK Ingatkan Jokowi untuk Tolak Gratifikasi

"Tentu saja itu tidak benar. Klaim yang sengaja dibuat untuk menjelekkan nama PM," kata sang juru bicara.

Sementara Jaksa Agung Avichai Mendelblit mengatakan bahwa saat ini sudah ada progres mengenai rencana saksi atas kasus yang membelit PM Netanyahu yakni mantan Kepala Staf PM Israel, Ari Harrow.

KPK: Kesadaran Lapor Gratifikasi Penyelenggara Negara Masih Rendah

Ada dua kasus yang menjerat Netanyahu. Salah satunya yang disebut dengan skandal 1000 yaitu terkait banyaknya pemberian mahal dari milioner dan produser asal AS,  Arnon Milchan termasuk pemberian cerutu-cerutu mewah dan wine mahal.

Sementara pengacara Netanyahu, Yaakov Weinroth juga menanggapi hal ini.

"Setiap orang yang berpikiran jernih pasti paham tak ada yang salah kalau teman dekat saling memberi hadiah," kata Yaakov Weinroth.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya