Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 16:22 WIB
  • Malaysia Tangkap 400 Orang Terkait Terorisme, Ada WNI

  • Oleh
    • Endah Lismartini
Malaysia Tangkap 400 Orang Terkait Terorisme, Ada WNI
Photo :
  • Reuters/Alaa Al-Marjani
Pengikut ISIS dikabarkan sudah menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia.

VIVA.co.id – Malaysia melakukan operasi antiterorisme besar-besaran. Sekitar 400 orang ditangkap, beberapa diantaranya adalah WNI.

Operasi antiterorisme dilakukan oleh pemerintah Malaysia untuk mencari orang-orang yang diduga terkait kelompok ISIS. Menurut aparat Malaysia, ratusan orang yang ditahan itu berasal dari Bangladesh, India, Pakistan, dan Indonesia.

Penangkapan terhadap warga asing yang dicurigai terlibat ISIS ini berlangsung di Kuala Lumpur. Aparat langsung mendatangi rumah-rumah warga yang mereka curigai. Orang-orang ini lalu dinaikkan ke truk dan bus dengan tangan diborgol.

Pejabat Kepolisian Malaysia Divisi Antiterorisme Ayob Khan Mydin Pitchay menyampaikan datanya. Namun ia tak menyebutkan, berapa banyak WNI yang ditahan.

Dalam operasi tersebut Pitchay, diberitakan oleh BBC, 8 Agustus 2017, mereka yang menjadi target adalah semua yang memiliki dokumen perjalanan palsu atau sama sekali tak membawa dokumen perjalanan dengan alasan hilang.

"Kami akan mendeteksi dan menindak warga asing yang dicurigai memiliki keterkaitan dengan teroris, khususnya mereka yang terlibat dalam aktivitas di Suriah," kata Ayob Khan Mydin Pitchay.

Januari lalu, operasi serupa pernah digelar pemerintah Malaysia. Saat itu tiga WNI ditangkap karena diduga terlibat ISIS. Salah satunya bahkan memiliki jaringan dengan pejuang ISIS di Suriah dan pernah bepergian ke Turki pada tahun 2013.