17 WNI Terjebak di Wilayah Konflik Suriah

Situasi Suriah saat ini. 17 WNI diduga masih terjebak di wilayah perang tersebut.
Sumber :
  • REUTERS/Ammar Abdullah

VIVA.co.id – Pihak Kementerian Luar Negeri mengakui telah mengetahui informasi mengenai 17 warga negara Indonesia yang saat ini melarikan diri dari Raqqa, Suriah. Informasi tersebut telah diketahui sejak pertengahan Juni 2017.

Jokowi Sudah Minta Presiden Duterte Bantu Pembebasan Tiga WNI

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa 17 WNI tersebut saat ini berada di Ain Issa dan Kobane, Suriah. Adapun belasan WNI tersebut terdiri dari 12 perempuan/anak, serta lima laki-laki dewasa.

Iqbal mengatakan bahwa Kemlu telah mengetahui data diri WNI tersebut berdasarkan laporan yang diterima dari keluarga pada bulan Agustus 2016 lalu.

Data dan Strategi Perlindungan WNI di Luar Negeri Empat Tahun Terakhir

"Kemlu terus berupaya untuk berkomunikasi dengan mereka dan dengan pihak-pihak yang menangani mereka di kedua lokasi tersebut," kata Iqbal di Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2017.

Iqbal mengatakan bahwa keberadaan belasan WNI tersebut saat ini ada di wilayah konflik yang tidak berada di bawah kontrol pemerintahan resmi mana pun. Berdasarkan informasi, saat ini para WNI tersebut berada di bawah salah satu faksi Kurdi Suriah anti-ISIS yang menguasai Suriah bagian utara.

Kemlu Perjuangkan Pekerja Migran RI Tetap Pegang Paspor

Selain melakukan upaya kemanusiaan, juga telah dilakukan risk assessment terhadap 17 WNI tersebut. Pihak Kemlu juga berupaya untuk memberikan perlindungan, sesuai dengan SOP yang dimiliki.

"Kami saat ini terus mencoba membangun komunikasi dengan mereka, meskipun hingga saat ini kami belum bisa melakukan komunikasi langsung dengan mereka," ujar Iqbal. (ase)

Politikus Golkar Christina Aryani

DPR Titip Perlindungan WNI jadi Perhatian Calon Duta Besar RI

Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani, mengatakan proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test pada 13 calon Duta Besar. Perlindungan WNI juga disorot.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2023