Diplomat Cantik UE ke Iran, Anggota Parlemen Rebutan Selfie

Aksi anggota parlemen Iran saat berebut selfie dengan diplomat Uni Eropa Federica Mogherini (berkerudung).
Sumber :
  • Al Arabiya

VIVA.co.id –  Anggota parlemen Iran menuai kecaman publik setelah foto mereka yang berebut selfie dengan FedericaMogherini, diplomat senior Uni Eropa, beredar luas. Publik menganggap perilaku anggota parlemen sangat tak pantas dan memalukan.

Murka Iran dan Ancaman Perang Dunia III

Federica Mogherini, diplomat cantik ini  datang ke Iran pada Sabtu pekan lalu untuk menghadiri pelantikan Presiden Iran Hassan Rouhani. Mogherini lalu datang mengenakan kerudung untuk menutupi rambutnya. Usai acara, puluhan anggota parlemen berebut menghampiri diplomat cantik tersebut. Mereka mengajak berfoto bersama. Namun aksi rebutan tersebut mungkin membuat mereka lupa posisi mereka sebagai anggota parlemen, yang perilakunya pasti jadi perhatian publik.

Foto-foto saat anggota parlemen rebutan selfie segera menyebar luas. Diberitakan oleh Al Arabiya, anggota parlemen yang lain, Alireza Salimi mengatakan perilaku para anggota parlemen yang berebut selfie seperti pernyataan "menyerahkan diri pada Barat." Kantor berita Iran juga mengutip pernyataan Salimi bahwa aksi rebutan selfie tersebut sebagai sebuah penghinaan pada parlemen.  Ia juga meminta agar dibentuk komite untuk menyelidiki kasus tersebut.

Puluhan Orang Tewas Terinjak-injak di Pemakaman Qasem Soleimani

Ahmad Mazani, nggota parlemen lain yang terlihat berada diantara mereka yang berebut selfie membela diri. Melalui akun Twitternya ia mengatakan, aksi rebutan itu adalah hasil dari dibatalkannya undang-undang tentang cara berinteraksi dan memuliakan tamu.

Sedangkan Hasem Ashena, penasihat budaya untuk Presiden Rouhanni mengatakan, aksi para anggota parlemen adalah masalah sosial budaya, bukan masalah politik. Sedangkan mantan penasihan Presiden Mohammad Khatami mengatakan, seharusnya para anggota Parlemen mengambil bagian dalam kursus "aturan dan nilai-nilai moral universal."

Iran Pamer Drone Canggih Terbaru, Mampu Serang Target Jarak Jauh

Sementara ini tak ada komentar dari Federica Mogherini soal aksi selfie yang kelewat batas tersebut.

Ayatollah Ali Khamenei is regarded as the figurehead of Iran`s conservative establishment - EPA

Akhirnya Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei akan Pimpin Salat Jumat

Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin salat Jumat di Teheran.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2020