Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 9 Agustus 2017 | 14:48 WIB
  • Presiden Rusia Vladimir Putin Akan Berkunjung ke Indonesia

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dinia Adrianjara
Presiden Rusia Vladimir Putin Akan Berkunjung ke Indonesia
Photo :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin
Presiden RI Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Rusia, 19 Mei 2016.

VIVA.co.id – Presiden Rusia Vladimir Putin merencanakan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Kunjungan tersebut untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada pertemuan bilateral kedua pemimpin negara di Sochi pada Mei 2016.

"Undangan ada dan Presiden Putin sudah mulai merencanakan. Tapi yang penting bagi kami para diplomat adalah mengisi rencana tersebut," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov di Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Menurut Retno, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum kunjungan Presiden Rusia ke Indonesia. Salah satu di antaranya yakni menyelesaikan nota kesepahaman yang tertunda dan mulai menegosiasikan strategic partnership yaitu level kerja sama kedua negara yang lebih tinggi.

"Tadi saya sampaikan bahwa pada 2003 kita memiliki comprehensive partnership, itu yang pertama kita miliki dengan negara lain. Sekarang sudah 14 tahun, makanya kita perlu perbarui dan jadikan strategic partnership," ujar Retno.

Selain itu, Retno menjelaskan bahwa Indonesia berkepentingan mengisi agenda kunjungan dengan kegiatan terkait ekonomi. Salah satu yang dibahas antara Menlu Retno dan Menlu Lavrov yaitu memulai proses Eurasian Economic Union (EAEU).

Selain itu, Indonesia perlu melakukan beberapa investasi dan memperjuangkan beberapa hal dalam konteks perdagangan yang harus disolidkan terlebih dahulu.

"Jadi time frame (kunjungan) belum ada, tapi kita siapkan 'dagingnya' dahulu. Tapi sudah ada understanding bahwa kita akan siapkan kunjungan," ujar menlu. (art)