Rusia dan Negara ASEAN Sepakati Kerja Sama

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov usai meresmikan Federasi Tetap Rusia di ASEAN, Rabu (9/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov meresmikan Perwakilan Tetap Federasi Rusia untuk ASEAN, selama melakukan kunjungan kerjanya ke Indonesia. Pembukaan perwakilan tersebut menandakan komitmen Rusia, untuk meningkatkan hubungannya dalam berbagai aspek dengan ASEAN.

Pertemuan Pertama Putin-Kim, Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

"Keputusan kami untuk meresmikan misi Rusia untuk ASEAN, mengonfirmasi prioritas kami untuk ASEAN dan mempertegas komitmen kerja sama dengan negara-negara di kawasan," kata Lavrov di Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Dalam pidato peresmian tersebut, Lavrov menegaskan, berbagai kerja sama dalam berbagai bidang telah terjalin antara Rusia dengan blok 10 negara tersebut, di antaranya di bidang energi, sains, agrikultur, dan berbagai bidang lainnya. 

Polisi Menari Jadi Bintang Internet di Rusia

Selain itu, ia mengatakan, peresmian Perwakilan Tetap tersebut akan menjadi momen penting untuk mengembankan kerja sama lainnya lebih lanjut. Kehadiran Rusia melalui Perwakilan Tetap tersebut juga akan memberikan perhatian khusus dan berkontribusi bagi stabilitas kawasan ASEAN.

Senada dengan hal itu, Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh mengatakan bahwa sejak beberapa tahun yang lalu Rusia dan ASEAN telah memiliki kerja sama besar.

Penembakan Brutal di Kampus Krimea, 19 Orang Tewas

"Jadi, penunjukkan Duta Besar dan peresmian Perwakilan Tetap Rusia untuk ASEAN akan memfasilitasi kerja sama dan program-program tersebut," katanya.

Pada persemian tersebut hadir pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, sejumlah Duta Besar negara sahabat dan sejumlah praktisi. (asp)

ilustrasi drone

Drone Milik AS Ketahuan Mondar-mandir Pantau Perbatasan Rusia

Terungkap citranya di wilayah laut Hitam.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2019