Gempa Sichuan, Ribuan Turis Terperangkap Semalaman

Evakuasi korban gempa Sichuan
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA.co.id – Gempa dengan kekuatan 7 Skala Richter terjadi di Sichuan, China. Gempa tersebut menewaskan sedikitnya 19 orang korban dan enam di antaranya adalah turis.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Dilansir laman BBC, ada 247 orang yang juga cedera akibat gempa yang mengguncang area wisata tersebut. Bahkan dilaporkan bahwa ada ribuan turis sempat terjebak semalaman setelah gempa pada petang Rabu, 9 Agustus 2017.

Sementara gempa tremor dengan 6,6 SR tak lama mengguncang wilayah Xinjiang yang melukai 32 orang.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Provinsi Sichuan memang beberapa kali dicatat menjadi area bencana. Pada tahun 2008, terjadi gempa besar di wilayah ini yang membunuh hingga 87 ribu orang.

Badan Gempa China mengatakan bahwa ada 1000 getaran pascagempa yang dideteksi. Sementara getaran pada hari Rabu tersebut merupakan yang paling besar.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Foto-foto yang beredar menunjukkan banyaknya gedung dan rumah-rumah yang roboh dan sebagian hancur akibat gempa tersebut. Para turis yang menjadi korban terlihat menunggu giliran untuk dievakuasi dari lokasi bencana.

Dilaporkan ada sekitar 45 ribu orang yang dievakuasi dari area gempa Sichuan. (ren)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024