Gelar Pesta Setengah Telanjang, Puluhan Pemuda Iran Dibekuk

Polisi dan warga mengawasi gedung Parlemen Iran di Ibu Kota Teheran beberapa waktu silam.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id –  Aparat Garda Revolusi dan Kepolisian Iran menangkap 64 orang pemuda yang sedang berpesta di sebuah kolam renang dalam keadaan setengah telanjang. Saat ditangkap, puluhan pemuda tersebut tengah mengonsumsi alkohol sambil berjoget.

Murka Iran dan Ancaman Perang Dunia III

Menurut laman The New Arab, Jumat 11 Agustus 2017, penggerebekan tersebut dilakukan oleh polisi setelah sebuah video pesta tersebut diduga dipublikasikan secara online di media sosial.

Sebelumnya, polisi Iran juga menangkap enam orang karena mengajarkan senam Zumba, sebuah gerakan olahraga irama yang berasal dari Amerika Serikat. Zumba secara resmi dilarang dan dianggap ilegal di Iran.

Puluhan Orang Tewas Terinjak-injak di Pemakaman Qasem Soleimani

Instruktur senam zumba itu dituntut lantaran dinilai mengubah 'gaya hidup' masyarakat Iran, dengan mengajak laki-laki maupun perempuan dengan buaya Barat. "Mereka ditangkap saat sedang mengajar Zumba dan membuat rekaman video. Mereka berusaha mengubah gaya hidup, bahkan mereka pun tidak berjilbab," kata Hamid Damghani dari Garda Revolusi.

Untuk diketahui pada Juni lalu, Federasi Olahraga Iran menyerukan larangan resmi untuk senam Zumba, yang belakangan sedang populer di Iran. "Sehubungan dengan kegiatan ini, ajaran Zumba dengan cara apapun dilarang. Beberapa kegiatan yang mencakup gerakan dan tarian berirama, tidak sah dalam bentuk dan judul apapun," tulis sebuah edaran.

Iran Pamer Drone Canggih Terbaru, Mampu Serang Target Jarak Jauh

Di tahun 2014, enam orang Iran dijatuhi hukuman penjara dan cambuk, karena membuat video dari penyanyi Pharrel William berjudul Happy, di mana ada wanita tanpa jilbab yang ikut serta.

Sementara itu awal tahun ini, seorang binaragawan Iran dipenjara karena memasang foto gym yang menunjukkan lengan dan bisepsnya, dalam keadaan telanjang. (ren)

Ayatollah Ali Khamenei is regarded as the figurehead of Iran`s conservative establishment - EPA

Akhirnya Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei akan Pimpin Salat Jumat

Ayatollah Ali Khamenei akan memimpin salat Jumat di Teheran.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2020