Kurang dari Sepekan, 60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit

Beberapa wilayah di India terkenal sebagai daerah miskin.
Sumber :
  • REUTERS/Adnan Abidi

VIVA.co.id –  Sedikitnya 60 anak meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Uttar Pradesh, India hanya dalam beberapa hari. Diduga, kematian anak-anak tersebut karena pemotongan pasokan oksigen bagi rumah sakit yang pasiennya banyak menunggak tagihan.

Polisi Bakal Ekshumasi Anak Semata Wayang Tamara Tyasmara Hari Ini

Namun pihak resmi rumah sakit membantah bahwa tewasnya anak-anak tersebut hanya karena terlambat mendapatkan oksigen. Kebanyakan anak yang meregang nyawa merupakan pasien dengan diagnosis penyakit encephalitis.

Dilansir laman BBC, kematian 60 anak dalam waktu singkat terjadi di Rumah Sakit Baba Raghav Das di Distrik Gorakhpur.

Kenapa Pneumonia Jadi Penyebab Utama Kematian pada Bayi dan Anak?

Sementara otoritas distrik, Anil Kumar setempat mengakui adanya persoalan keuangan termasuk soal tagihan oksigen untuk rumah sakit. Namun Kumar membantah bahwa anak-anak tersebut meninggal semata karena kurangnya bantuan oksigen. Dia mengatakan kondisi mereka memang kritis dan kematian disebabkan hal yang wajar.

Distrik tersebut diketahui sebagai salah satu distrik paling miskin di India.

Picu Kematian Anak, Ini Pencegahan Hepatitis Misterius

Menteri Kesehatan India, Sidharth Nath Singh juga sudah merespons kejadian tragis ini. Dia mengatakan, kurangnya oksigen bukan penyebab kematian. Disebutkan bahwa angka kematian di distrik yang miskin dan sanitasi buruk tersebut memang cukup tinggi. Angka itu tak jauh berbeda dengan angka kematian pada tahun sebelumnya. "Tidak ada kekurangan oksigen di rumah sakit," kata Singh. 

Tamara Tyasmara

Second Account Diduga Milik Tamara Tyasmara Dibongkar Keluarga Yudha Arfandi

Di 40 hari kematian anaknya, Tamara Tyasmara kepergok karaokean. Video Tamara Tyasmara tengah menyanyi bersama teman-temannya itu kini viral di media sosial. keluarga YA

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024