Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 19:16 WIB
  • Kurang dari Sepekan, 60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Kurang dari Sepekan, 60 Anak Meninggal di Satu Rumah Sakit
Photo :
  • REUTERS/Adnan Abidi
Beberapa wilayah di India terkenal sebagai daerah miskin.

VIVA.co.id –  Sedikitnya 60 anak meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Uttar Pradesh, India hanya dalam beberapa hari. Diduga, kematian anak-anak tersebut karena pemotongan pasokan oksigen bagi rumah sakit yang pasiennya banyak menunggak tagihan.

Namun pihak resmi rumah sakit membantah bahwa tewasnya anak-anak tersebut hanya karena terlambat mendapatkan oksigen. Kebanyakan anak yang meregang nyawa merupakan pasien dengan diagnosis penyakit encephalitis.

Dilansir laman BBC, kematian 60 anak dalam waktu singkat terjadi di Rumah Sakit Baba Raghav Das di Distrik Gorakhpur.

Sementara otoritas distrik, Anil Kumar setempat mengakui adanya persoalan keuangan termasuk soal tagihan oksigen untuk rumah sakit. Namun Kumar membantah bahwa anak-anak tersebut meninggal semata karena kurangnya bantuan oksigen. Dia mengatakan kondisi mereka memang kritis dan kematian disebabkan hal yang wajar.

Distrik tersebut diketahui sebagai salah satu distrik paling miskin di India.

Menteri Kesehatan India, Sidharth Nath Singh juga sudah merespons kejadian tragis ini. Dia mengatakan, kurangnya oksigen bukan penyebab kematian. Disebutkan bahwa angka kematian di distrik yang miskin dan sanitasi buruk tersebut memang cukup tinggi. Angka itu tak jauh berbeda dengan angka kematian pada tahun sebelumnya. "Tidak ada kekurangan oksigen di rumah sakit," kata Singh.