Beredar Aturan di Iran, Orang Jelek Dilarang Jadi Guru

Ilustrasi perempuan Iran saat memberikan hak politik
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Iran melarang guru dengan penampilan buruk untuk mengajar di kelas, termasuk bagi mereka yang berjerawat. Departemen Pendidikan Iran baru-baru ini menerbitkan sebuah daftar yang merinci ratusan penyakit dan kondisi yang harus steril dari setiap pengajar sekolah.

Viral Dosen Mengajar Tidak Pernah On Camera, Alasannya Bikin Sedih

Namun ternyata sebagian besar rincian tersebut berkaitan dengan penampilan fisik. Misalnya, seseorang yang memiliki mata juling, memiliki tahi lalat besar di wajah maupun kondisi kulit seperti jerawat atau eksim wajah tidak diperbolehkan mengajar.

Memiliki bekas luka atau infeksi jamur juga termasuk dalam daftar. Sementara itu gangguan kesehatan lain yang juga termasuk dalam daftar tersebut antara lain, infertilitas wanita, kanker, penyakit ginjal dan buta warna.

Akhirnya Pemimpin Tertinggi Iran Khamenei akan Pimpin Salat Jumat

Dilansir laman Metro, Jumat, 25 Agustus 2017, daftar tersebut beredar setelah diberitakan oleh kantor berita FARS yang menunjukkan bahwa calon guru menghabiskan lebih banyak waktu menjalani tes kesehatan dibandingkan waktu untuk pelatihan terkait keahlian mengajar.

Banyak pengguna media sosial yang menentang peraturan tersebut dengan alasan bahwa hal itu sangat diskriminatif dan melanggar hak asasi manusia.

Murka Iran dan Ancaman Perang Dunia III

Mereka mengatakan, jika aturan itu diimplementasikan, maka orang-orang hebat seperti ilmuwan Stephen Hawking tidak akan bisa mengajar para siswa.

Menanggapi respons ini, seorang penasihat presiden berjanji akan menyelidiki beredarnya daftar tersebut. Sementara juru bicara Departemen Pendidikan juga mengatakan bahwa peraturan yang secara khusus menargetkan wanita tersebut akan dihapus dan daftar lainnya juga akan ditinjau ulang. (ase)

Ilustrasi oleh Pixabay.com

Belajar dan Mengajar yang Menyenangkan

Belajar dan mengajar adalah satu padu kesatuan yang saling mengisi relung pendidikan itu sendiri,

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2023