Pertama Kali, India Tunjuk Perempuan Jadi Menteri Pertahanan

Nirmala Shitaraman, perempuan pertama yang menjadi Menhan India.
Sumber :
  • Times of India

VIVA.co.id – Nirmala Sitharaman telah ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan wanita pertama di India. Penunjukan itu disampaikan dalam sebuah reshuffle kabinet yang diumumkan awal pekan ini.

Seandainya Militer China Perang Udara Lawan India, Siapa yang Menang?

Sitharaman sebelumnya adalah Menteri Negara untuk Perdagangan dan Industri. Dia juga menjadi juru bicara Partai Bharatiya Janata (BJP) yang saat ini memerintah India.

Penunjukkannya sebagai Menhan disambut secara luas. Sitharaman menyebutkan pengangkatannya sebagai Menteri Pertahanan merupakan cerminan dari peningkatan status wanita di kalangan masyarakat India. Meski begitu, langkah ini tetap menuai kritikan.

MUI Kecam Keras India Atas Kekerasan Terhadap Umat Muslim

"Tentunya saat ketegangan sedang berlangsung di perbatasan India, tidak hanya Pakistan tapi juga China, masuk akal untuk memiliki Menteri Pertahanan dengan latar belakang yang kredibel, dengan berbagai tingkat keahilan," tulis sebuah opini di surat kabar The Economic Times, seperti dikutip BBC, Senin 4 September 2017.

Di sisi lain, pengangkatannya digambarkan sebagai sebuah kejutan. Sitharaman akan menghadapi tugas masif untuk memodernisasi angkatan bersenjata India dan menerapkan investasi pemerintah secara besar-besaran.

FPI-PA 212 Minta India Setop Persekusi Terhadap Umat Muslim

Dari 27 menteri senior di jajaran kabinet, India saat ini memiliki enam menteri wanita, yang merupakan jumlah tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Perombakan kabinet kali ini juga melihat pengunduran diri Menteri Perkeretaapian, Suresh Prabhu, yang mundur menyusul serentetan kecelakaan fatal.

Prabhu memikul tanggung jawab moral penuh, setelah sebuah kecelakaan kereta api yang menewaskan setidaknya 23 orang beberapa waktu lalu. (mus)

Source : Republika

Hubungan Hindu-Muslim di India Memburuk, Sejak Kapan?

India adalah rumah bagi sekitar dua ratus juta Muslim.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2020