Korut Pindahkan Rudal Balistik Antarbenua ke Pantai

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninjau program rudal balistik antarbenua.
Sumber :
  • REUTERS.com

VIVA.co.id – Sebuah laporan menyebutkan bahwa Korea Utara mulai memindahkan sebuah rudal balistik antarbenua menuju wilayah pantai barat. Seorang sumber intelijen mengatakan roket tersebut terlihat bergerak pada hari Senin kemarin, sehari setelah uji coba nuklir keenam Korut.

Meradang Dengar Misi Kim-Jong un, Militer Korsel Bikin Pasukan Anti-Nuklir Korea Utara

Untuk diketahui, fasilitas peluncuran rudal Korea Utara berada di wilayah pantai barat negara tersebut. Menurut laporan, pemindahan rudal tersebut dilakukan pada malam hari untuk menghindari pengawasan.

Menanggapi hal ini, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan tidak dapat mengonfirmasi laporan tersebut. Namun pihak Korsel meyakini bahwa Korut siap meluncurkan lebih banyak rudal. Mengingat Juli lalu Korut menguji dua rudal antar benua yang mampu terbang sekitar 6.200 mil.

Korsel Membalas, Rudal Kendali Udara Teror Situs Nuklir Korea Utara

Dilansir Sky News, Selasa 5 September 2017, hari ini waktu setempat Angkatan Laut Korea Selatan mengadakan latihan live-fire di Laut Jepang. Latihan ini melibatkan kapal selam 2.550 ton Gangwon dan kapal patroli 1.000 ton.

Kapten Choi Young-Chan, Komandan 13th Maritime Battle Group mengatakan jika musuh meluncurkan provokasi di atas atau di bawah air, pihak militer akan segera memukul balik dan menguburnya di laut.

Propaganda Korut, Foto Putri Kim Jong-un di Bawah Rudal Monster

Korea Selatan juga telah melakukan diskusi dengan Amerika mengenai gelaran kapal induk dan pembom ke Semenanjung Korea. Awal pekan ini disepakati bahwa negara tersebut dapat memangkas batas berat perang dengan misilnya, yang berarti dapat menyerang kembali tetangganya di Utara dengan kekuatan yang lebih besar.

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kim Jong-un Hilang Jelang Parade Militer Massal Korea Utara

Ini yang ketiga kali Kim tak datang ke rapat Politbiro Partai Buruh Korut.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023