Jurnalis Terkenal India Tewas Ditembak

Gauri Lankesh, jurnalis terkenal di India yang tewas ditembak.
Sumber :
  • The News Minute

VIVA.co.id – Seorang jurnalis India yang terkenal kritis terhadap pemerintah tewas ditembak. Ia ditemukan tewas bersimbah darah tepat di depan pintu rumahnya.

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Open BO di Pulau Pari

Insiden penembakan terhadap Gauri Lankesh, 55 tahun, seorang jurnalis senior yang kritis terhadap kebijakan politik nasionalis Hindu, terjadi di negara bagian Karnataka. Ia ditembak di kepala dan pipi oleh pelaku yang mendatanginya menggunakan sepeda motor. Belum jelas apa motif pembunuhan terhadap Lankesh.

Beberapa waktu terakhir, jurnalis India menjadi incaran kelompok radikal Hindu. Sikap mereka yang mengkritisi kelompok nasionalis Hindu dicemooh di media sosial. Banyak jurnalis perempuan yang diancam pemerkosaan dan penyerangan. Menurut sejumlah aktivis, nama Lankesh muncul dalam daftar mereka yang layak dibunuh.

Pembunuh Wanita Hamil di Kelapa Gading Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Para menteri yang tergabung dalam Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India juga secara terbuka menyerang wartawan, terutama wartawan perempuan. Mereka menggunakan istilah yang melecehkan seperti "presstitute," campuran antara pers dan prostitute (pelacur) untuk menggambarkannya.

Gauri Lankesh, dikenal oleh banyak orang hanya sebagai Gauri. Dia adalah editor di sebuah surat kabar mingguan dan dikenal sebagai jurnalis yang tak kenal takut dan blak-blakan. Ia juga dikenal karena kritik sekulernya terhadap kaum nasionalis sayap kanan dan Hindu radikal, termasuk anggota BJP.

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Gauri pernah bekerja untuk The Times of India dan kemudian mengelola surat kabar independen, Lankesh Patrike, bersama dengan saudaranya Indrajit selama beberapa tahun. Surat kabar tersebut didirikan oleh ayahnya, P Lankesh, seorang penyair dan penulis sayap kiri.

Setelah berpisah dengan kakaknya, dia pergi untuk memulai beberapa penerbitan, termasuk korannya sendiri, Gauri Lankesh Patrike. Kakak Gauri, Kavitha Lankesh, adalah pembuat film terkenal yang berulang kali memenangkan penghargaan. (ase)

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024