Tsunami Gempa Meksiko Akan Terjang 8 Negara dalam Tiga Jam

Ilustrasi tsunami.
Sumber :
  • Maxwell.syr

VIVA.co.id – Penduduk di sekitaran wilayah lepas pantai Meksiko dan tujuh negara lainnya diminta segera mengungsi usai gempa dengan kekuatan magnitude 8,1 Skala Richter mengguncang.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Pusat peringatan tsunami, National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA menyatakan, gelombang tsunami diperkirakan bakal tiba dan menerjang pesisir pantai sekitar tiga jam setelah guncangan gempa.

Delapan negara yang diperkirakan bakal diterjang gelombang tsunami, di antaranya Meksiko, Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nikaragua, Panama, Honduras, dan Ekuador.

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Diperkirakan ketinggian gelombang tsunami mencapai 0.3 hingga satu meter diperkirakan akan menerjang Kepulauan Cook, Ekuador, Fiji, Polynesia timur, Guatemala dan Kiribati.

Dilansir The Guardian, gelombang awal telah tercatat terjadi di kota-kota Meksiko, seperti Salina Cruz, Puerto Madero dan Huatulco, berada di antara ketinggian 0.3-0.7 meter di atas permukaan air pasang.

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Sementara gelombang di bawah 0.3 meter diperkirakan terjadi di negara-negara sejauh Australia, Jepang dan Vietnam. Pusat peringatan tersebut mengatakan ancaman tsunami di Hawaii masih dalam evaluasi.

Sebelumnya dalam situs resminya, Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau United States Geological Survey (USGS) menyatakan, gempa terjadi pada pukul 04.49.21 Waktu Universal Terkoordinasi (UTC), Jumat, 8 September 2017, atau Kamis, 7 September 2017 waktu Meksiko.

Lihat video penampakan gempa ini atau klik link:


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya