Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 06:22 WIB
  • 12-9-1953: John Kennedy Menikahi Jacky

  • Oleh
    • Endah Lismartini
12-9-1953: John Kennedy Menikahi Jacky
Photo :
  • wikimedia
John F Kennedy Sesaat Sebelum Ditembak di Dallas Texas

VIVA.co.id – Pada 64 tahun yang lalu, senator terkenal AS dari Massacchusetts, John Fitzgerald Kennedy, dan terkenal dengan sebutan JFK, menikahi Jacqueline Lee Bouvier, seorang fotografer di Washington-Times Herald.

Pasangan ini menikah di gereja St.Mary's di Newport, Rhode Island. Lebih dari 750 tamu undangan menghadiri upacara yang dipimpin oleh Uskup Agung Boston Richard Cushing. Pernikahan ini juga menampilkan penyanyi  tenor Boston yang terkenal saat itu, Luigi Vena, yang menyanyikan "Ave Maria."

Di luar gereja, sekitar 3.000 warga menunggu kedatangan bahkan hingga pasangan pengantin ini ke luar dari gereja. Mereka ingin melihat pasangan pengantin yang sangat populer saat itu. John yang ganteng, dan Jacky yang cantik, keduanya sama-sama cerdas, dan berhasil mencuri perhatian dan membuat publik Amerika mendapat idola baru.

Menurut laman History, resepsi pernikahan mempelai ini di gelar di Hammersmith Farm, sebuah perkebunan yang menghadap Teluk Naragansett. Pernikahan mereka menjadi salah satu pernikahan terpopuler di AS hingga saat ini.

Tujuh tahun kemudian, JFK terpilih menjadi Presiden AS ke 35. Ia diangkat sebagai Presiden AS pada Januari 1961. Tragis, pada bulan November 1963 ia ditembak saat berkendara dalam iring-iringan mobil kepresidenan. Saat itu, Kennedy dalam perjalanan dari Dealey Plaza di menuju pusat kota Dallas, Texas. Ia tertembak di depan Jacky, istrinya.

Kerumunan warga yang menyambut JFK dengan antusias membuat pengawal lengah. Saat kendaraan berbalik dari jalan utama Dealey Plaza sekitar pukul 12.30 waktu setempat,  dan sedang melintas di depan Texas School Book Depository, sebuah tembakan terdengar dari gedung tersebut. Peluru tepat mengenai lehernya, membuatnya tersungkur persis di depan istrinya.

Saat itu juga mobil dilarikan ke Parkland Memorial Hospital. Namun tak banyak yang bisa dilakukan untuk JFK. Tepat pukul 13.00 waktu setempat, seorang pendeta Katolik menyampaikan berita duka. JFK meninggal dunia.

Tahun 1968, atau lima tahun setelah kepergian JFK, Jacky menikah lagi dengan jutawan Aristotle Onassis. Jacky meninggal dunia di apartemennya di New York pada 19 May 1994. Ia meninggal dalam usia 64 tahun. (ren)