Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 12:12 WIB
  • Hati-hati, Jangan Sebar 8 Foto Hoaks terkait Rohingya

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Hati-hati, Jangan Sebar 8 Foto Hoaks terkait Rohingya
Photo :
  • Teyit.org
Foto hoaks soal Rohingya di Rakhine

VIVA.co.id – Konflik yang terjadi di Myanmar, khususnya yang dialami kaum Rohingya di Rakhine, tengah menjadi perhatian publik. Konflik tersebut diketahui sudah dimulai sejak tahun 1947 yang menyebabkan ratusan ribu Rohingya sejak saat itu menyebar dan mencari suaka ke negara-negara lain seperti Bangladesh.

Disebutkan PBB, ada setidaknya 123 ribu orang yang telantar dan terlunta-lunta dari Rohingya. Sebagian dari mereka sudah memiliki status pengungsi dan diterima namun yang lainnya masih dalam proses suaka.

Gencarnya pemberitaan soal Rohingya yang mengalami kekerasan dari Junta Militer Myanmar juga memicu beredarnya foto-foto yang ternyata hoaks di media sosial. Bahkan tak hanya warga kebanyakan, pejabat sempat diketahui ikut menyebarkan foto-foto yang provokatif memicu keresahan publik.

Media Turki Teyit.org sempat mengumpulkan sejumlah foto-foto palsu terkait Rohingya yang ternyata hoaks yang bahkan sebagian besar bukan berlokasi di negara itu.

Parahnya ada pula yang merupakan kilasan foto dari adegan film.

1. Foto di bawah ini adalah foto korban gempa di Provinsi Qinghai, China pada tahun 2010. Pada saat itu para biksu membuka dapur umum dan melayani pemakaman bai korban.

Foto hoaks 1 soal Rohingya di Rakhine

2. Foto di bawah ini foto hoaks Rohingya lainnya. Padahal foto ini adalah kejadian akibat adanya ledakan besar di Kongo.

Foto hoaks 2 soal Rohingya di Rakhine

3. Foto ini berlokasi di Indonesia tepatnya Aceh pada tahun 2003. Diduga foto ini terkait dengan adanya Gerakan Aceh Merdeka pada saat itu.

Foto hoaks 3 soal Rohingya di Rakhine

4. Foto ini merupakan foto yang meraih penghargaan World Press Photo pada 2011 yang berlatar foto saat gempa Haiti tahun 2010.

Foto hoaks 4 soal Rohingya di Rakhine

5. Foto hoaks lainnya padahal foto tersebut adalah foto konflik suku Tutsi dan Hutu di Rwanda pada tahun 1994.

Foto hoaks 5 soal Rohingya di Rakhine

6. Foto yang ternyata unjuk kemampuan karate di India.

Foto hoaks 6 soal Rohingya di Rakhine

7. Foto korban siklon Nargis di Mynamar pada tahun 2008.

Foto hoaks 7 soal Rohingya di Rakhine. Padahal foto korban siklon.

8. Foto adegan film yang dibuat Luis Mandoki tahun 2004 dan foto ini disebarkan sebagai foto hoaks Rohingya oleh pejabat Turki.

Foto hoaks 8 soal Rohingya di Rakhine

(ren)