Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 12:38 WIB
  • Cenayang Kepercayaan Para Tokoh Negara Meninggal Dunia

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Cenayang Kepercayaan Para Tokoh Negara Meninggal Dunia
Photo :
  • REUTERS/Lee Jae-won
Aksi seorang cenayang.

VIVA.co.id – Cenayang terkenal di Myanmar, Swe Swe Win alias ET, meninggal dunia dalam usia 58 tahun di kediamannya di Yangon, Myanmar. Selama ini perempuan tersebut diketahui sebagai peramal dan penasihat kepercayaan sejumlah tokoh negara dan orang kaya di Asia tenggara, khususnya di Myanmar dan Thailand.

Selain dikenal sebagai peramal orang-orang terkaya Asia Tenggara, ET juga disebut menjadi orang yang pernah dimintai nasihat dan bacaan peruntungan oleh sejumlah pimpinan negara.

Menurut laman BBC, ET memiliki klien antara lain pemimpin Myanmar Than Shwe hingga mantan PM Thailand, Thaksin Shinawatra. Selain itu para menteri dan pemimpin bisnis dunia di negara itu juga disebut familiar dengan ET.

Perempuan tersebut selama ini dipercaya ramalannya dan masih sering didatangi hingga sesaat sebelum kematiannya. Dia memiliki panggilan ET karena merujuk pada film tentang alien berjudul ET besutan Hollywood yang terkenal pada tahun 1990-an.

Keluarga menyebutkan bahwa kematian ET disebabkan hal yang alami. Sebelumnya dia juga diketahui memang sempat berkomunikasi dengan klien harus melalui asistennya akibat kondisi yang lemah.

Disebutkan bahwa pemimpin Myanmar Than Shwe juga memindahkan ibukota negara itu dari Yangon ke Nay Pyi Taw pada tahun 2005 tak lain setelah dia menemui ET. Perempuan itu juga disebut yang meramal bahwa karier PM Thaksin akan bersinar setelah dia memang bisnis telekomunikasi.

Pada tahun 2012 sebuah rumah produksi asal Thailand sempat membuat serial yang terinspirasi dari kisah ET ini. (ren)