Peru Usir Dubes Korea Utara

Kim Jong-un berfoto bersama warganya
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Peru mengusir Duta Besar Korea Utara. Langkah itu menyusul belum adanya itikad Korut untuk menghentikan program nuklirnya.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Dubes Korut untuk Peru, Kim Hak-Chol, sudah lima hari lalu meninggalkan Peru. Hal itu dibenarkan Kementerian Luar Negeri Peru, sebagaimana dikutip oleh Reuters.

Pada awal bulan ini, Korut kembali melakukan uji coba bom nuklir yang sempat menyebabkan adanya guncangan sejenis gempa. Hal itu juga menjadi perhatian global dan membuat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kembali geram dan menekankan tak berhasilnya pendekatan diplomasi terhadap Korut.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Sementara Peru menyatakan bahwa negaranya memiliki komitmen menjaga perdamaian dan stabilitas pula menghormati keputusan Dewan Keamanan PBB. Oleh karena itu Peru memutuskan mengusir Dubes Korut.

Diketahui bahwa PBB sudah mengumumkan sanksi baru untuk Korea Utara yang lebih keras dari sebelumnya. Sementara pihak Kedubes Korea di Lima masih menolak untuk memberikan pernyataan. (ren)

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator
VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024