Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 14:25 WIB
  • Kapal Indonesia dan Dominika Tabrakan di Singapura

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dinia Adrianjara
Kapal Indonesia dan Dominika Tabrakan di Singapura
Photo :
Ilustrasi kapal tanker

VIVA.co.id – Operasi pencarian dan penyelamatan tengah dilakukan untuk mencari lima awak yang hilang setelah sebuah kapal tanker dan kapal keruk bertabrakan pada hari ini sekitar pukul 12.40 waktu setempat.

Tabrakan terjadi antara kapal tanker Kartika Segara berbendera Indonesia dengan kapal keruk JBB De Rong berbendera Dominika yang berlangsung sekitar 1,7 mil laut barat daya Sister Island, Singapura. Akibat tabrakan, kapal keruk Dominika terbalik dan sebagian badan kapal terendam.

Dari 12 anggota kapal keruk, 11 di antaranya adalah warga China dan satu orang Malaysia. Tujuh orang terluka sementara lima orang lainnya dinyatakan hilang. Sementara tujuh ABK kapal tanker yang terluka telah diselamatkan oleh penjaga pantai Kepolisian Singapura dan dibawa dengan ambulans ke Singapore General Hospital. Lima di antaranya telah dipulangkan.

Dilansir Channel News Asia, Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) memimpin operasi pencarian terhadap lima ABK kapal Dominika yang hilang. Angkatan Laut Singapura, polisi dan penjaga pantai juga telah mengerahkan tujuh kapal untuk operasi tersebut.

"Kapal keruk tersebut sedang melintasi jalur barat sementara kapal tanker berangkat dari Singapura menuju jalur timur. Sistem Informasi Lalu Lintas Kapal Singapura telah memberikan informasi navigasi kepada kedua kapal tersebut sebelum tabrakan," kata otoritas MPA.

Kapal tanker dilaporkan mengalami kerusakan pada busur kanannya namun bisa berlabuh di Pelabuhan Timur. 

"Ada 26 ABK Indonesia dan tidak mengalami cedera," lanjut rilis MPA.