Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 13:24 WIB
  • Korea Utara Ancam Tenggelamkan Jepang Pakai Bom Nuklir

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Korea Utara Ancam Tenggelamkan Jepang Pakai Bom Nuklir
Photo :
  • REUTERS.com
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninjau program rudal balistik antarbenua.

VIVA.co.id – Sanksi berat yang dijatuhkan Dewan Keamanan PBB awal pekan ini atas Korea Utara, karena tetap ngotot bikin senjata nuklir, tampaknya tidak langsung membuatnya bertekuk lutut. Malah Korut kini berani mengancam secara terbuka. Kali ini tak hanya Amerika Serikat yang menjadi objek ancamannya.

Menurut kantor berita Reuters, Korea Utara pada Kamis, 14 September 2017, mengancam akan menenggelamkan Jepang. Sementara untuk AS, Korut mengatakan akan membungihanguskan Negeri Paman Sam itu.

Sementara Komite Korea Utara-Asia Pasifik di Pyongyang juga menyatakan bahwa PBB adalah "alat iblis" yang bisa disuap dan melakukan tindakan sesuai dengan permintaan AS.

"Empat pulau yang membentuk wilayah Jepang akan segera ditenggelamkan ke laut oleh bom nuklir Juche. Jepang tak akan lagi ada," demikian keterangan pemerintah Korut lewat kantor berita mereka, KCNA.

Juche merupakan ideologi di Korea Utara yang mengandung paham Marxisme ekstrem dan nasionalisme. Paham itu diajarkan oleh mendiang Kim Il-sung, yang merupakan kakek dari pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un.

Awal pekan ini, Dewan Keamanan PBB memberikan sanksi baru kepada Korut. Sanksi itu berupa pelarangan semua perusahaan untuk ekspor dan impor batubara dan mineral yang terkait dengan negara tersebut. (ren)