Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 11:48 WIB
  • Seberapa Dahsyat Bom Nuklir Korea Utara?

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Seberapa Dahsyat Bom Nuklir Korea Utara?
Photo :
  • Reuters
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, (berbaju putih) saat menyaksikan peluncuran rudal beberapa waktu lalu.

VIVA.co.id – Korea Utara dalam dua hari terakhir makin terbuka dengan ancamannya. Bahkan Korut kembali melakukan uji coba rudal yang membuat Jepang harus memberikan peringatan bagi warganya. Korut juga sebelumnya mengancam bahwa tidak sulit untuk menenggelamkan Jepang.

Dikutip dari berita video yang dibuat oleh CNN Amerika Serikat, diterakan bahwa ancaman Korea Utara memang berbahaya. Korut dinilai telah cukup kuat dalam hal senjata khususnya bom nuklir. Terbukti dari laporan yang mereka terima, kekuatan senjata Korut makin canggih.

Hanya dengan kemampuan senjata konvensional, Korut dianggap bisa menyerang Jepang maupun Korea Selatan. Sementara itu, dengan rudal yang menggunakan hulu ledak nuklir, Korut diyakini akan bisa mengantarkan serangan hingga ke daratan Amerika Serikat dan membawa kehancuran di sebagian wilayah itu. Selain kehancuran, efek radiasi nuklir juga sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Will Ripley yang membuat dokumenter tersebut mengaku pernah beberapa kali ke Korea Utara dan menurut pejabat yang dia wawancarai, nuklir dijadikan Korea Utara sebagai alat bertahan sekaligus posisi tawar.

Sementara itu, BBC pernah memberitakan problem senjata Korut beberapa tahun lalu, yaitu belum menemukan formula yang bisa mengecilkan bentuk hulu ledak nuklir agar bisa dipasangkan ke rudalnya. Namun setahun terakhir, teknologi senjata yang dimiliki Korut diyakini sudah menemukan format mini, namun berefek menghancurkan.

Terakhir diketahui bahwa Korut akan mampu mengirimkan bahan peledak dengan kandungan berbahaya 10 hingga 30 kiloton. Dengan peningkatan kapasitas alutsista yang pesat, Korut oleh karena itu tak bisa dianggap enteng.