PBB Minta Bantuan Besar-besaran untuk Rohingya

Pengungsi etnis Rohingya dari Rakhine Myanmar melarikan diri ke Bangladesh
Sumber :
  • VIVA.co.id/SOS ACT Dok

VIVA.co.id – Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB meminta bantuan besar-besaran untuk sekitar 400 ribu muslim Rohingya dari Myanmar yang melarikan diri ke Bangladesh. Dikhawatirkan bahwa jumlah pengungsi tersebut akan terus meningkat.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

"Kami mendesak masyarakat internasional untuk meningkatkan dukungan kemanusiaan dan memberikan bantuan untuk pengungsi dari Myanmar," kata Mohammed Abdiker, Direktur Operasi International Organisation for Migration.

Dilansir Reuters, Jumat, 15 September 2017, kekerasan di Rakhine dan eksodus pengungsi merupakan masalah yang juga dikaitkan dengan figur Aung San Suu Kyi yang merupakan pemimpin partai pemenang di Myanmar. Hal ini didesak menjadi perhatian peraih Nobel Perdamaian, Aung San Suu Kyi karena dia sudah menjadi State Counsellor Myanmar sejak tahun lalu.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Sementara Sekjen PBB, Antonio Guterres dan Dewan Keamanan PBB mendesak Myanmar agar mengakhiri kekerasan yang digambarkan sebagai aksi pembersihan etnis tersebut.

Sejumlah besar desa Rohingya di bagian utara Rakhine telah dibakar. Namun pihak berwenang membantah bahwa pasukan keamanan maupun warga sipil Buddha yang menyulut api membakar wilayah Rohingya. Mereka menyalahkan para gerilyawan.

Ratusan Warga Aceh Barat Aksi Tolak Kedatangan 69 Warga Etnis Rohingya
Tim Basarnas mengevakuasi jenazah diduga etnis Rohingya di Perairan Aceh. (Dok. Basarnas Banda Aceh)

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Otoritas Kantor Imigrasi Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mencatat sebanyak 11 orang etnis Rohingya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia karena diduga tenggelam.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024