Kim Jong-un Ingin Korut Jadi Lawan Seimbang AS

Kim Jong-un saat inspeksi militer dari kapal selam Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA.co.id – Korea Utara kembali membuat situasi memanas setelah melakukan uji coba senjata secara beruntun dalam sebulan terakhir. Setelah mencoba bom hidrogen, Korut juga baru saja meluncurkan misil yang melintasi negara Jepang.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Aksi pamer kekuatan militer ini sebenarnya bukan hal yang baru lagi bagi Korut. Namun pemimpin Korea Utara, Kim Jom-un, baru saja mengungkapkan alasannya pamer senjata. Ia mengakui punya ambisi Korut akan menjadi lawan sebanding Amerika Serikat (AS).

"Tujuan utama kami jelas ingin menyamai kekuatan Amerika Serikat dan membuat penguasa AS tidak lagi berani membicarakan opsi militer untuk menekan Korut," kata Kim Jong-un kepada media agensi, KCNA, Sabtu 16 September 2017.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Dalam kesempatan itu, Kim Jong-un juga mengomentari kemajuan militer Korut terutama terkait dengan kemampuan rudal balistik andalan mereka pada Jumat kemarin.

"Efisiensi dan keandalan tempur Hwasong-12 benar-benar telah diverifikasi," kata Kim bangga.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

AS sendiri memang langsung bereaksi keras setelah Jumat lalu Korut meluncurkan rudal balistik Hwasong-12. Menurut penasihat Gedung Putih HR McMaster, AS telah kehilangan kesabaran dengan program nuklir dan rudal yang dilakukan Korut.

"Bagi mereka yang mengatakan tak adanya opsi militer (dari AS), kami tegaskan bahwa ada sebuah opsi militer," kata McMaster.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024