Donald Trump Disebut Adolf Hitler Era Baru

Presiden AS, Donald Trump.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria

VIVA.co.id – Donald Trump kini mendapat sebutan "the new Hitler" yang pada awalnya dicetuskan oleh oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Hal itu terjadi setelah Trump mengatakan akan mengambil langkah tegas jika rezim di Venezuela masih otoriter.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Maduro mengecam pidato Trump di Sidang Umum PBB semacam agresi gaya Adolf Hitler baru di kancah politik internasional. Maduro juga bereaksi dengan mengatakan bahwa Trump berpikir seolah-olah dia adalah pemilik dunia.

"Tidak ada yang bisa mengancam dan memiliki Venezuela," kata Maduro, sebagaimana diberitakan Metro, Rabu, 20 September 2017.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Maduro bahkan menuduh Trump telah mengancam akan membunuh dirinya.

Sebelumnya, Trump mengancam akan memberlakukan sanksi ekonomi baru dan meluas yang telah mulai dilakukan Amerika atas Venezuela sejak bulan lalu.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Orang-orang Venezuela kelaparan dan negaranya ambruk. Demokrasi mereka hancur. Situasi ini benar-benar tidak dapat diterima, kita tidak bisa berdiri dan menonton," ujar Trump.

Pemerintah Venezuela juga tengah menjadi sorotan internasional setelah keputusan Mahkamah Agung pada bulan Maret lalu untuk menyelenggarakan kongres yang dikontrol oposisi. Namun keputusan itu kemudian dibatalkan.

Puluhan ribu orang Venezuela diketahui telah meninggalkan kota-kotanya akibat kekacauan politik serta meluasnya kekurangan makanan dan obat-obatan. Tak hanya itu, inflasi tinggi juga terjadi di negara tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya