Korut Kembali Digoyang Gempa, Bukan Dampak Nuklir

Ilustrasi gempa di Semenanjung Korea
Sumber :
  • USGS

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Korea Selatan mengatakan gempa berkekuatan 3,4 skala richter kembali mengguncang Korea Utara, Sabtu 23 September 2017. Namun gempa kali ini bukan dari dampak uji senjata nuklir Korea Utara.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Sebelumnya, gempa ini memang ditanggapi banyak kalangan di Semenanjung Korea itu sebagai imbas dari uji senjata yang dilakukan Korut. Namun setelah dilakukan penelusuran pihak berwenang di Korea Selatan, ternyata ini murni gempa alami.

Seperti yang dilansir kantor berita China, Xinhua News Agency, Sabtu 23 September 2017, gempa terjadi di area Kilju, Timur Laut Korea Utara atau sekitar 12 mil dari tempat uji senjata hidrogen yang dilakukan Korut pada 3 September lalu.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Dalam beberapa bulan terakhir, gempa yang melanda semenanjung Korea memang kerap dikaitkan dengan tes senjata nuklir yang dilakukan Korut. Terakhir, Korut melakukan uji senjata hidrogen pada awal September ini yang mengakibatkan gempa dengan kekuatan 6,3 skala richter.

Uji senjata hidrogen ini juga semakin memanaskan permusuhan Korea Utara dengan Korea Selatan yang didukung negara sekutu khususnya Amerika Serikat. Bahkan terakhir, muncul perang kata-kata antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan
Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024