Enam Hal yang Tak Boleh Dilakukan Wanita Arab, Perlu Tahu

Wanita Arab Saudi
Sumber :
  • Guardian

VIVA.co.id – Wanita-wanita di Arab Saudi baru saja merayakan 'kemerdekaan' setelah larangan mengemudi untuk kaum Hawa dicabut. Namun sebenarnya masih banyak hal yang dilarang dilakukan wanita-wanita di Arab Saudi. Apa sajakah itu?

Arab Saudi Kembali Tunjuk Duta Besar Wanita

Bukan rahasia lagi jika 'gerak-gerik' wanita-wanita di Arab memang lebih dibatasi dibandingkan negara-negara lainnya. Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id akan merangkum hal-hal yang masih dilarang dilakukan kaum hawa di Arab Saudi.

Pertama, wanita di Arab Saudi dilarang membuat keputusan penting tanpa persetujuan kaum Adam. Dalam mengambil keputusan penting, para wanita Arab harus minta persetujuan wali, bisa ayah, saudara laki-laki, paman atau suami.

Wanita Berhijab Asal Arab Saudi Juara Dunia Turnamen FIFA20

Kedua, larangan berpakaian yang memperlihatkan aurat atau lekuk tubuh. Mayoritas wanita Arab memang mengenakan abaya (jubah panjang) dan jilbab. Meski untuk cadar tak diatur ketat namun pada kenyataannya banyak wanita yang dilecehkan karena dianggap terlalu mengekspos kecantikan dengan riasan wajahnya.

Yang ketiga, wanita di Arab Saudi juga dilarang berinteraksi dengan laki-laki yang bukan kerabatnya. Tak heran jika di perkantoran termasuk bank dan universitas di Arab Saudi dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya.

Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta

Larangan keempat bagi wanita Arab, seperti dilansir theweek, adalah berenang di tempat umum. Bahkan kaum Hawa di Arab Saudi dilarang keras melihat kolam renang umum yang berisi kaum Adam.

Lalu kelima adalah masih banyaknya larangan bagi perempuan Arab untuk terjun di dunia olahraga. Tahun lalu, Arab Saudi menggelar Olympic Games tanpa kehadiran atlet perempuan meski pada Olimpiade 2012 mereka mengirim atlet perempuannya.

Larangan keenam adalah mencoba baju ketika sedang berbelanja. Hal ini dilarang dilakukan para wanita saat berbelanja di mal karena dianggap dapat memicu pikiran 'kotor' kaum Adam saat berbelanja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya