Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 19:38 WIB
  • Super Ekstrem, Suhu di Australia Diprediksi Bisa 50 Derajat

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Super Ekstrem, Suhu di Australia Diprediksi Bisa 50 Derajat
Photo :
  • REUTERS/Steven Saphore
Permukiman di wilayah Birchgrove, Sydney

VIVA.co.id – Dua kota terbesar di Australia, Sydney dan Melbourne diprediksi mengalami cuaca super panas dengan suhu bahkan hingga 50 derajat Celsius atau setara dengan 22 F hanya dalam beberapa dekade lagi. 

Dikutip dari laman BBC, ilmuwan memperkirakan panas yang amat sangat itu bisa terjadi di Australia pada saat musim panas. Apalagi disebutkan bahwa pada 2013, Sydney pernah mengalami suhu hingga 45,8 derajat Celsius. Sementara itu, Melbourne pada 2009 pernah menyentuh level suhu 46,4 derajat Celsius. 

Kajian ilmiah cuaca ini hanya memprediksi untuk wilayah Victoria dan New South Wales. Namun, diduga bahwa cuaca amat panas itu juga bisa terjadi di negara bagian lainnya.

"Salah satu tahun paling panas yang pernah dicatat secara global adalah pada 2015 dan itu bisa menjadi cuaca rata-rata pada tahun 2025," kata Ketua Peneliti, Dr. Sophie Lewis dari Australia National University. 

Lewis mengatakan bahwa Sydney maupun Melbourne akan bisa mengalami panas hingga 50 derajat Celsius di rentang 2014 hingga 2050. Sementara itu, tahun lalu diketahui bahwa Australia sudah mengeluarkan peringatan soal cuaca ekstrem dan embusan hawa panas yang rentan menyebabkan kebakaran.