Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 5 Oktober 2017 | 15:55 WIB
  • Makam Santa Claus Ditemukan

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dinia Adrianjara
Makam Santa Claus Ditemukan
Photo :
Santa Claus

VIVA.co.id – Arkeolog Turki mengklaim telah menemukan pemakaman Saint Nicholas atau yang dikenal dengan sebutan Santa Klaus. Tim survei tersebut menemukan sebuah kuil dan tempat pemakaman yang utuh di bawah gereja St Nicholas di Provinsi Antalya, lokasi yang diyakini sebagai tempat kelahiran Saint Nicholas.

"Kami telah memperoleh hasil yang sangat bagus namun pekerjaan sebenarnya dimulai sekarang. Kami akan mencapai dasar dan mungkin akan menemukan jasad Saint Nicholas yang belum tersentuh," kata Cemil Karabayram, Direktur Survei dan Monumen di Antalya, Turki.

Dipuja karena memberi hadiah dan bantuan kepada orang miskin, santo dari abad ke-4 ini memunculkan adanya legenda Santa Claus. Banyak orang menganggap figur Santa Claus hanya ikon dan metafora meskipun ada yang mempercayai keberadaannya. Sementara Saint Nicholas merupakan figur yang memang ada dalam sejarah.

Dalam beberapa tahun terakhir, gereja di distrik Demre di Antalya dekat tempat kelahiran Saint Nicholas telah dipugar dan hal ini menarik banyak pengunjung. Demre dibangun di atas reruntuhan Myra, kota tempat Saint Nicholas yang dipuja oleh sejumlah denomimasi Kristen dan Katolik.

Diduga bahwa sisa jasad Saint Nicholas sempat dipindahkan dari Demre oleh para pelaut yang menyelundupkannya ke kota Bari di Italia, lokasi Basilika St Nicholas masih berdiri.

Menurut versi kejadian tersebut, jasad Saint Nicholas dipindahkan ke Bari yang merupakan bagian dari kerajaan Byzantine Turki yang jatuh ke tangan penjajah muslim sekitar periode Perang Salib Pertama atau 700 tahun setelah kematiannya. Pencurian jasad dimungkinkan terjadi setelah gereja dibakar dan dipulihkan.

Para arkeolog baru-baru ini memulai survei baru, menemukan kuil di bawah gereja modern yang menggunakan radar yang menembus tanah. Mereka mengatakan bahwa candi tersebut hampir utuh namun tidak dapat diakses karena adanya relief batu dan mosaik yang perlu dilestarikan.

Pekerjaan penggalian akan memungkinkan para ilmuwan untuk mengakses dasar kuil di bawah gereja untuk menentukan apakah di bawahnya masih tersimpan sisa jasad Saint Nicholas.

Pemberi hadiah dan dianggap orang suci itu memunculkan legenda Sinterklas di Belanda yang berubah menjadi Santa Claus dan dipopulerkan di AS oleh imigran Belanda ke koloni-koloni di AS. (ase)