Bangladesh Bikin Kamp Pengungsi Rohingya Terbesar

Kondisi Terkini Pengungsi Rohingya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Bangladesh mengumumkan akan membangun salah satu kamp pengungsi terbesar di dunia, untuk menampung 800 ribu warga Muslim Rohingya yang mencari suaka dari kekerasan di Myanmar.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Kedatangan lebih dari setengah juta pengungsi Rohingya dari negara bagian Rakhine sejak 25 Agustus lalu, telah menimbulkan ketegangan yang sangat besar di kamp-kamp di Bangladesh, di mana ada ketakutan akan mendatangkan wabah penyakit.

Pemerintah Bangladesh mendesak untuk memperluas sebuah kamp pengungsian di Kutupalong, dekat kota perbatasan Cox's Bazar, untuk menampung semua orang Rohingya.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Sekitar 790 hektare lahan di sebalah kamp Kutupalong sebelumnya tersedia untuk kedatangan pengungsi. Namun karena jumlah pendatang baru telah melampaui 500 ribu orang, maka 404 hektare lahan lainnya telah disisihkan untuk kamp baru tersebut.

Mofazzal Hossain Chowdhury Maya, Menteri Penanganan dan Penanggulangan Bencana mengatakan bahwa semua orang Rohingya pada akhirnya akan dipindahkan dari 23 kamp di sepanjang perbatasan dan kamp darurat lainnya, ke zona baru tersebut.

Ratusan Warga Aceh Barat Aksi Tolak Kedatangan 69 Warga Etnis Rohingya

"Semua orang yang tinggal di tempat yang tersebar, akan dibawa ke satu tempat, jadi lebih banyak lahan yang dibutuhkan. Pelan-pelan semuanya akan datang," kata Mofazzal, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat, 6 Oktober 2017.

Pekan ini, Bangladesh melaporkan bahwa 4000 sampai 5000 Rohingya melintasi perbatasan setiap hari, sementara 10 ribu lebih lainnya masih menunggu di perbatasan. (hd)

Tim Basarnas mengevakuasi jenazah diduga etnis Rohingya di Perairan Aceh. (Dok. Basarnas Banda Aceh)

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Otoritas Kantor Imigrasi Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, mencatat sebanyak 11 orang etnis Rohingya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia karena diduga tenggelam.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024