Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 16:34 WIB
  • Eskalator Emas Raja Salman Mendadak Macet di Rusia

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Dinia Adrianjara
Eskalator Emas Raja Salman Mendadak Macet di Rusia
Photo :
  • REUTERS/Toru Hanai
Raja Salman dengan eskalator khususnya.

VIVA.co.id – Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud tengah berada di Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun ada kejadian kurang menyenangkan saat Raja Salman tiba. Eskalator yang membawanya turun dari pesawat tiba-tiba saja macet.

Dilansir Independent, Jumat, 6 Oktober 2017, Raja Salman terlihat berdiri dan kebingungan di tengah eskalator emas yang tampaknya berhenti bekerja. Dia harus menunggu sekitar 20 detik, sebelum akhirnya dibantu para ajudan untuk menuruni eskalator tersebut.

Usai ketibaannya yang canggung itu, raja langsung disambut oleh Putin, yang menyebut kunjungan Raja Salman sebagai sebuah 'peristiwa penting'. Kedua pemimpin membahas kesepakatan perdagangan dan memperkuat hubungan yang sering tegang antara kedua negara, misalnya karena konflik di Suriah.

Raja Salman mengatakan bahwa dia ingin memperluas hubungan dengan Rusia demi perdamaian, keamanan dan pembangunan ekonomi dunia. Dia mencatat bahwa kedua negara sepakat mengenai banyak isu internasional dan regional, dan bermaksud melanjutkan usaha untuk menopang harga minyak dunia.

Kunjungan tersebut terjadi setelah ketegangan selama beberapa dekade, yang terakhir terjadi karena perang di Suriah, di mana Arab Saudi telah mendukung pemberontak Sunni yang berjuang untuk menggulingkan Presiden Bashar Assad, sementara saingan beratnya, kelompok kekuatan Syiah Iran, telah bekerja sama dengan Rusia untuk menopang aturan yang ada. (hd)