Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 11:48 WIB
  • Ratusan Ribu Orang Turun ke Jalan Tolak Catalunya Merdeka

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Ratusan Ribu Orang Turun ke Jalan Tolak Catalunya Merdeka
Photo :
  • REUTERS/Gonzalo Fuentes
Demonstrasi pro persatuan di Barcelona, Spanyol

VIVA.co.id – Ratusan ribu orang turun ke jalanan Barcelona, Spanyol pada Minggu, 8 Oktober 2017 waktu setempat untuk menunjukkan aspirasi mereka soal Spanyol yang bersatu. Aksi itu dilakukan sebagai kontra atas referendum dan rencana kemerdekaan Catalunya dari Spanyol.

Rencana kemerdekaan Catalunya dianggap akan bisa memecah persatuan bangsa Spanyol. Polisi lokal memperkirakan lebih dari 350 ribu orang turut dalam aksi solidaritas ini sebagaimana dikutip laman Reuters.

Mereka membawa bendera Spanyol juga bendera Catalunya dan meneriakkan bahwa Spanyol adalah satu. "Catalunya adalah Spanyol" dan "Bersama Kita Kuat", demikian bunyi tulisan spanduk-spanduk yang dibawa massa.

Massa turun ke jalan khususnya di pusat kota setelah dua kubu politikus yang menginginkan kemerdekaan Catalunya dan yang menolak hal itu sama-sama tengah perang urat saraf serta mempertahankan posisi masing-masing.

Sementara itu, Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan referendum Catalunya yang dianggap ilegal, mengantarkan pada adanya kemerdekaan yang sah, karena dianggap tak sesuai dengan konstitusi. Rajoy juga memastikan tak akan ada pemilu yang lebih cepat.