Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:30 WIB
  • "Jangan Tembak, Aku Che Guevara"

  • Oleh
    • Harry Siswoyo
Photo :
  • Marc Hutten/Washington Post
Ernesto 'Che' Guevara, sebelum dikuburkan secara diam-diam oleh pemerintah Bolivia pada 10 Oktober 1967. Jasadnya difoto sebagai bukti kematiannya.

VIVA.co.id – Sebutir peluru telah bersarang di kaki. Dengan wajah lusuh dan tubuh dekil, Ernesto 'Che' Guevara terpaksa menyerah. Senjatanya dirampas.

"Jangan tembak! Aku Che Guevara. Aku lebih berharga hidup bagi kalian ketimbang mati," ujarnya di hadapan tentara Bolivia yang mengepungnya.

Usai sudah perjalanan dokter Argentina yang menjadi pemimpin para gerilyawan di hutan Amerika Selatan itu.

Sore hari, 8 Oktober 1967, ia ditangkap dan digelandang tentara ke Kota Higuera Bolivia, 6 km dari lokasi penangkapan.

Dalam kesaksian Felix Rodriguez, agen CIA, seperti dilansir washington post, Selasa, 10 Oktober 2017, saat ia menemui Che Guevara, untuk meminta Bolivia menyerahkannya ke AS.

46 tahun eksekusi mati Che Guevara

Che Guevara didapatinya dalam kondisi sangat memprihatinkan. Rambutnya kusut, pakaiannya robek dan kotor, serta lengan-kakinya diikat.

Sayang negosiasi agar Che Guevara diinterogasi akhirnya berujung eksekusi. Bolivia lebih meyakini pengadilan hanya akan membuat simpati publik padanya.

Tepat sehari usai penangkapannya atau 9 Oktober 2017, Ernesto Guevara de la Serna, demikian nama asli pria yang lahir 14 Juni 1928  di Rosario Argentina itu, akhirnya dieksekusi.

46 tahun eksekusi mati Che Guevara

Baru selanjutnya pada 10 Oktober, dua dokter di RS Knights Malta Bolivia menandatangani sertifikat kematian dari Che Guevara. Autopsi menunjukkan kematiannya ditengarai oleh banyaknya peluru di tubuhnya.

Dan sebelum dikuburkan diam-diam oleh militer Bolivia, jasad Che dibaringkan di sebuah wastafel rumah sakit lalu difoto bersama perwira tinggi Bolivia.

Kedua tangannya dipotong demi membuktikan itu benar-benar sidik jari milik Che Guevara untuk menjadi bukti ke Fidel Castro.

46 tahun eksekusi mati Che Guevara

Dan kini, kisah tragis kematian tokoh revolusioner komunis Kuba ini telah bersemayam setengah abad. Namun kisahnya melegenda dan menjadi inspirasi pergerakan sosial di Amerika Latin.

Kini foto Che masih meluas di dunia. Ia menjadi ikon untuk setiap perjuangan, pergerakan sampai ke pemberontakan.

Bahkan terkadang ia juga menjadi simbol untuk sebuah kegiatan yang justru tidak terkait sama sekali dengan perjuangan Che Guevara pada masa lalu. Che bak menjadi legenda budaya pop. (hd)