Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 11:59 WIB
  • Warga Inggris Bikin Petisi Tolak Kembang Api Tahun Baru

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Dinia Adrianjara
Warga Inggris Bikin Petisi Tolak Kembang Api Tahun Baru
Photo :
  • REUTERS/ Stefan Wermuth
Perayaan Tahun Baru 2013 di London

VIVA.co.id – Ternyata tak semua orang menyukai kembang api yang pecah dan membuat gambar cantik di udara saat malam hari. Sebagian orang merasa takut dengan suaranya yang keras.

Rasa takut itu membuat sebagian warga Inggris mengajukan petisi untuk mendesak pelarangan penggunaan kembang api di muka umum.

Saat ini, sudah ada lebih dari 2.000 orang yang menandatangani petisi tersebut, di mana mereka mengatakan bahwa kembang api itu seperti alarm, menyusahkan, dan menimbulkan kegelisahan pada banyak orang juga hewan.

Petisi itu meminta Sekretaris Negara Inggris untuk membuat ketentuan yang sesuai, untuk menjamin bahwa risiko penggunaan kembang api di muka publik dilakukan secara minimum, dan sesuai dengan ketentuan sebagaimana tertulis dalam Fireworks Act 2003 ayat 2.

Dalam ketentuan yang ditetapkan oleh petition.parliament.uk, pemerintah akan merespons jika tanda tangan menembus angka 10 ribu, sementara jika melampaui angka 100 ribu tanda tangan, maka petisi tersebut dapat dilanjutkan ke parlemen.

Sebuah petisi serupa pernah diluncurkan tahun lalu dan berhasil mengumpulkan sebanyak 168.160 tanda tangan. Sayangnya bagi para juru kampanye ini hanya memicu debat singkat di Parlemen, di mana pemerintah mengklaim bahwa undang-undang saat itu telah berjalan dengan baik.

Diketahui bahwa banyak hewan menjadi sangat 'waspada' saat kembang api meledak karena kebisingan. Diperkirakan sekitar 45 persen anjing takut kembang api dan disarankan untuk setiap orang yang memelihara anjing untuk membuat tempat persembunyian yang aman.