Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 12:17 WIB
  • Sepak Terjang Adik Perempuan Kim Jong-un, 'Otak' Sang Kakak

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Sepak Terjang Adik Perempuan Kim Jong-un, 'Otak' Sang Kakak
Photo :
  • REUTERS/Damir Sagolj
Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong-un

VIVA.co.id – Baru-baru ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mempromosikan adik perempuannya Kim Yo-jong menjadi salah satu pemimpin di Partai Buruh yang tengah berkuasa. Kim Yo-jong juga didapuk menjadi salah satu anggota baru Politbro yang merupakan forum elite pengambil keputusan strategis di Korea Utara. 

Hal tersebut dinilai publik sebagai bentuk kepercayaan Kim Jong-un kepada adik perempuan bungsunya itu. Bahkan disebutkan bahwa selama ini Kim Yo-jong juga adalah pencetus dan "otak" dari sejumlah kebijakan serta aktivitas yang akhirnya dilakukan Kim Jong-un selama memerintah.

Dilansir the Guardian, Yo-jong hingga 2010 sangat jarang tampil di publik. Namun, pada tahun itu dia pertama kali “difoto” ketika menghadiri konferensi Partai Buruh Korea Utara. Usianya terpaut empat tahun di bawah Kim Jong-un.

Namun, dia kembali terbidik kamera pada 2011 ketika ayah mereka Kim Jong-il meninggal dunia. Yo-jong tidak menjadi perhatian hingga 2014. Dia mulai sering mendampingi kakaknya dalam berbagai kesempatan. Bahkan, disebutkan Yo-jong sangat memengaruhi Jong-un saat harus muncul ke publik atau menghilang dari media beberapa lama.

Yo-jong juga disebut kerap mendampingi kakaknya ketika turun ke lapangan. Bahkan posisinya disetarakan sama penting dengan istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju. Yo-jong juga dilaporkan menjadi pendorong agar Kim Jong-un mengunjungi sekolah-sekolah, taman, rumah-rumah penduduknya yang adalah warga biasa hingga relasi Kim Jong-un dengan bintang NBA, Dennis Rodman.

Diketahui bahwa Kim Jong-un dan Yo-jong lahir dari ibu yang sama yaitu penari kelahiran Jepang yang menjadi istri ketiga Kim Jong-il. Pakar menilai, kepercayaan yang diberikan Kim Jong-un kepada sang adik tak mustahil akan memberikan peluang bagi Yo-jong nantinya menjadi pemimpin Korut.