India Larang Hubungan Seks dengan Gadis di Bawah 18 Tahun

Ilustrasi acara pernikahan anak di India.
Sumber :
  • Reuters/Amit Dave

VIVA.co.id – Mahkamah Agung India pada Rabu waktu setempat melakukan persidangan judicial review, hukum negara tersebut yang mengizinkan pria berhubungan seks dengan istri di bawah umur. Upaya ini dinilai langkah maju bagi kepetingan dan hak anak perempuan. 

Konsumsi Garam Berlebih Sebabkan 3 Penyakit Ini, Berujung pada Masalah Seksual

Dilansir dari The New York Times, Kamis 12 Oktober 2017, hukum di India menetapkan usia 18 sebagai usia yang sah untuk menikah dan melakukan hubungan seks. Tapi di ketentuan lain dalam Undang-undang, tidak konsisten, mengatakan bahwa seorang pria bisa berhubungan seks istrinya yang berusia 15 tahun. 

Para advokat kepada pengadilan mengemukakan, aturan ini bisa mendorong perkawinan terhadap anak yang lazim terjadi di seluruh pedesaan India. Hal itu jelas membahayakan upaya-upaya perbaikan pendidikan dan mengurangi angka kemiskinan di negara tersebut. 

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Pengecualian tersebut juga menempatkan jutaan gadis India dalam situasi berbahaya. Di mana mereka bisa dieksploitasi oleh oknum tidak bertanggung jawab. 

Setelah melalui proses peradilan, akhirnya diputuskan Mahkamah Agung mengakhiri perbedaan hukum tersebut. Pengadilan menetapkan aturan bahwa hubungan seks dengan gadis di bawah usia 18 tahun adalah pemerkosaan, meskipun dengan suaminya sendiri. 

Terpopuler: Seks di Pagi Hari untuk Dapat Keturunan hingga Negara Termurah Buat Dikunjungi

Seorang Advokat Hak Perempuan Jagmati Sangwan memuji keputusan tersebut. Hal ini bakal mengurangi jumlah gadis muda di India yang diperdagangkan secara ilegal. 

Namun dia mengakui keputusan ini sulit untuk dilaksanakan. Mengingat perkawinan anak perempuan tersebar luas di sebagian besar wilayah India. (hd)

Ilustrasi pekerja seks (PSK)

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Warga bahkan dengan mudah melihat para perempuan yang menjajakan diri di sudut-sudut jalan mulai pukul 6 pagi. Mereka juga sering menemukan kondom bekas di jalanan.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024