Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 07:34 WIB
  • 13-10-1792: Peletakan Batu Pertama Gedung Putih

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
13-10-1792: Peletakan Batu Pertama Gedung Putih
Photo :
  • REUTERS/Joshua Roberts
Presiden AS Donald Trump mengheningkan cipta di depan Gedung Putih

VIVA.co.id – Hari ini tepat pada tanggal 13 Oktober 1792 silam, dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Putih desain baru sebagai Istana Presiden Amerika Serikat yang berlokasi di Washington DC. Presiden John Adams menjadi Presiden AS pertama yang menempati gedung tersebut yang kemudian disebut dengan Gedung Putih karena dibangun dengan batu-batu putih bernuansa abu-abu asal Virginia dan kontras dengan bata-bata merah gedung yang berada di sekelilingnya.

Dilansir laman History.com, Washington akhirnya menggantikan Philadelphia sebagai Ibu Kota AS dengan pertimbangan letak geografis yang lebih strategis yang berada di pusat republik.

Arsitek Prancis, Charles L’Enfant menjadi arsitek perancang bagian luar dan pekarangan gedung yang sarat dengan desain melingkar, taman hijau dan avenue. Sementara fisik gedung mulai dikerjakan pada tahun 1792 dipimpin arsitek Irlandia-Amerika James Hoban yang banyak dipengaruhi arsitektur Leinster House di Dublin.

Pada tanggal 1 November 1792, Presiden John Adams mulai dipersilakan memasuki rumah tinggal pertama, salah satu bagian yang dibangun di kompleks Gedung Putih. Istrinya, Abigail pada saat itu menuliskan kebahagiaan menempati rumah baru tersebut.

"Saya berdoa semoga rumah ini penuh berkat saat ini hingga seterusnya. Semoga hanya selalu orang bijak yang memimpin di bawah atap rumah ini," tulis Abigail.