Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 12:35 WIB
  • Lima Tahun Ditawan Taliban, Pasangan AS-Kanada Dibebaskan

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Lima Tahun Ditawan Taliban, Pasangan AS-Kanada Dibebaskan
Photo :
  • Courtesy Taliban/Social media via REUTERS
Caitlan Coleman dan suaminya warga Kanada, Joshua Boyle

VIVA.co.id – Pasangan asal Amerika Serikat dan Kanada yang diculik serta ditahan Taliban sejak 2012 berhasil dibebaskan pasukan Pakistan dengan bantuan militer Amerika Serikat. Mereka dibebaskan setelah memiliki tiga anak yang lahir pada saat disandera Taliban dalam lima tahun terakhir.

Dilansir Reuters, pembebasan warga AS, Caitlan Coleman dan suaminya warga Kanada, Joshua Boyle dibenarkan otoritas AS pada Kamis, 12 Oktober 2017. Keduanya ditangkap Taliban yakni oleh jaringan Haqqani pada saat melakukan perjalanan ala backpacker ke Pakistan. Semenjak ditawan, AS terus mengecam Pakistan yang dianggap gagal menyelesaikan kasus penyanderaan itu.

Sementara kini, Presiden AS Donald Trump memuji Pakistan yang dianggap bisa bekerja sama dengan baik dalam membebaskan tawanan. Dia menilai hal tersebut menjadi momen positif kedua negara yang sejak lama tak akrab.

"Kerja sama yang dilakukan pemerintah Pakistan menjadi sinyal bagi AS untuk semakin gencar ikut ambil bagian menjaga wilayah itu," kata Trump.

Namun, tidak dengan jelas digambarkan soal upaya pembebasan dengan hasil yang dianggap memuaskan itu. Otoritas mengatakan bahwa pasangan tersebut segera diterbangkan ke negaranya. Meski ada sumber yang mengatakan bahwa Boyle, sang suami, malah menolak pulang.

Orangtua Boyle melalui video conference mengatakan sudah menerima telepon dari anaknya yang mengatakan bahwa dia segera kembali. "Jadi kami sedang menunggu-nunggu kepulangan mereka," kata Linda Boyle, ibu dari Joshua Boyle.