Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:29 WIB
  • Pastor AS Berani Lawan Negaranya Demi Orang TBC di Korut

  • Oleh
    • Ezra Natalyn
Pastor AS Berani Lawan Negaranya Demi Orang TBC di Korut
Photo :
  • BBC
Pendeta Jerry Hammond yang bermisi kemanusiaan untuk penderita TBC di Korut

VIVA.co.id – Pastor Katolik Jerry Hammond menyatakan tak akan tunduk pada aturan baru yang dikeluarkan pemerintah negaranya, Amerika Serikat soal larangan warga AS bepergian ke Korea Utara. Pastor Hammond diketahui selama ini sering bolak-balik ke Korut dalam rangka pekerjaan kemanusiaan khusus untuk misi bagi penderita penyakit TBC.

Diketahui pada Juli 2017, Kementerian Luar Negeri AS mengeluarkan pengetatan izin bepergian ke Korut kecuali untuk misi khusus tertentu yang sudah melalui persetujuan negara. Hal itu dilakukan menyusul makin meningkatkan ketegangan antara AS dan Korut.

Dilansir BBC, Pastor Hammond akan kembali ke Korut pada November 2017. Dia selama ini sudah 52 kali mengunjungi negara pimpinan Kim Jong-un itu sejak tahun 1995. 

Menyoal aturan baru itu, Pastor Hammond mengatakan bahwa dia akan tetap pergi ke Korut sekalipun berisiko paspornya ditarik. Namun dia akan menyampaikan pemberitahuan.

Pastor Hammond merupakan bagian dari Maryknoll yaitu organisasi misi Gereja Katolik Amerika. Dia juga menjadi salah satu dari 20 orang yang berada di Korut dan dibawahi oleh Yayasan Eugene Belle, sebuah organisasi nonprofit AS.

Mereka utamanya merawat orang dengan TBC namun belakangan juga menangani para pasien yang menderita sakit akibat mengonsumsi terlalu banyak resep obat. Pastor Hammond sendiri memiliki nama Korea yaitu Ham Chae-do. Nama tersebut bahkan berlaku baginya baik pada saat dia ke Korea Selatan maupun ke Korea Utara. (ren)