Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 16:52 WIB
  • Saat Terbunuh, Kim Jong-nam Bawa Uang Tunai Rp1,4 M

  • Oleh
    • Ezra Natalyn,
    • Dinia Adrianjara
Saat Terbunuh, Kim Jong-nam Bawa Uang Tunai Rp1,4 M
Photo :
  • REUTERS/Lai Seng
Dua tersangka pembunuh Kim Jong-nam

VIVA.co.id – Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, membawa uang tunai sebanyak US$100 ribu atau setara Rp1,4 miliar dalam tas ranselnya saat dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia pada Februari 2017 lalu.

Petugas polisi Wan Azirul Nizam Che Wan Aziz mengatakan, uang tersebut saat ini disimpan di brankas kantor kepala polisi Distrik Sepang yang memiliki yurisdiksi atas lokasi pembunuhan tersebut.

Wan Azirul mengatakan bahwa dia membawa blazer, ransel dan arloji korban, kemudian menyerahkannya kepada laboratorium kimia untuk dianalisis. Barang bukti tersebut kemudian diserahkan kepada perwakilan Kedutaan Korea Utara di Malaysia.

"Saya hanya mengikuti perintah," kata Wan Azirul, seperti dikutip Nypost, Jumat, 13 Oktober 2017.

Di pengadilan, jaksa penuntut memutar video berdurasi lebih dari 30 detik hasil rekaman CCTV yang menunjukkan saat WNI bernama Siti Aisyah dan Doan Thi Huong yang adalah warga negara Vietnam beraksi.

Beberapa cuplikan tertanggal 11 Februari 2017 menunjukkan Huong mendekati seorang pria tak dikenal dari belakang dan meletakkan tangannya di leher dan wajah si pria sebelum mundur perlahan-lahan dengan kepala sedikit menunduk dan menyembunyikan tangannya.

Sebagian besar video tersebut tampaknya menunjukkan Huong dan Siti Aisyah baik sebelum, selama dan setelah serangan terhadap Kim Jong-nam. Kedua wanita itu kebanyakan terlihat di lokasi yang terpisah kecuali selama mengusik Kim dan saat mereka berada di area taksi.

Dua wanita itu berada di daerah yang sama pada saat serangan tersebut, kata Wan Azirul yang berasal dari Departemen Penyelidikan Kejahatan Pembunuhan Sepang. (ase)