Ledakan Besar Terjadi di Kantor Polisi Swedia

Pemeriksaan forensik usai ledakan di stasiun utama di Helsingborg, Swedia
Sumber :
  • News Agency/Johan Nilsson via Reuters

VIVA – Ledakan dahsyat terjadi di lokasi antara stasiun utama dan kantor polisi di Swedia bagian selatan yang menyebabkan kerusakan signifikan pada bangunan tersebut. Namun disebutkan tak ada korban maupun pelaku yang sudah dijadikan tersangka.

Tambang Emas di Burkina Faso Meledak, Tewaskan 60 Orang

Diberitakan Independent, Kamis, 19 Oktober 2017, polisi belum mengungkap penyebab ledakan di kantor polisi Helsingborg tersebut. Namun salah satu pejabat tinggi kepolisian bernama Dan Eliasson menyebutnya sebagai bentuk serangan terhadap masyarakat.

Ledakan menyebabkan kerusakan besar pada pintu masuk kantor polisi dan menghancurkan puluhan jendela di gedung-gedung di dekatnya. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan yang terjadi sekitar 50 kilometer di utara Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia.

9 Negara di Dunia yang Paling Ditakuti karena Punya Bom Nuklir

Diketahui gesekan memang kerap terjadi di pinggiran kota Swedia antara kelompok kriminal yang memperebutkan wilayah di kota-kota besar Swedia dalam beberapa tahun terakhir. Namun ledakan itu belum dipastikan sebagai sebuah tindakan terorisme.

"Kami meyakini ini adalah konsekuensi dari pekerjaan polisi yang kami lakukan. Kami bekerja di lingkungan kriminal yang berat dan beberapa di antara mereka mungkin marah. Tapi yang ingin saya katakan bahwa kami tidak dapat dipengaruhi ancaman," kata juru bicara polisi, Patric Heimbrand.

2 Tersangka Ledakan di Sibolga Ternyata Simpan 60 Botol Bom Ikan

Kepala polisi regional, Carina Persson, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven sudah tahu tentang ledakan tersebut.

Namun dia menolak untuk mengomentari ada tidaknya kaitan ledakan ini dengan ledakan serupa yang terjadi pada 30 November 2014 di sebuah kantor polisi di Malmo. Kasus itu hingga kini juga belum dituntaskan. (one)
 

Awan suram menggantung di atas Kyiv pada pagi hari invasi Rusia. (AP: Emilio Morenatti)

Dibangunkan Ledakan, Warga Kiev Sempat Merasa Telat Selamatkan Diri

Saat penduduknya terbangun karena suara ledakan di kejauhan, ketakutan terburuk mereka menjadi kenyataan: Kiev, ibu kota yang indah diserang rudal-rudal Rusia.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022