Surat-surat Cinta Barack Obama Juga Curhat soal Indonesia

Surat-surat cinta Barack Obama
Sumber :
  • Emory Library/BBC

VIVA – Terungkap surat-surat cinta mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan kekasihnya zaman kuliah bernama Alexandra McNear. Surat-surat cinta tersebut ditulis tangan yang menggambarkan perasaan dan pikiran Obama tentang kehidupannya pada saat itu.

Berkah Sholat Tarawih di Masjid, Seorang Wanita Dapat Surat Cinta dari Pria

Surat-surat tersebut disimpan dan dikelola oleh Emory University's Rose Library sejak tahun 2014 dan baru pada tahun ini dipublikasikan. 

"Surat-surat itu isinya indah sekali. Berisi tentang pencarian seorang anak muda tentang makna hidup dan identitasnya," kata Direktur Emory University's Rose Library, Rosemary Magee.

Surat Cinta Bung Karno kepada Dewi Sukarno: Saya Tidak Tahu Peristiwa G30S/PKI

Surat-surat Obama juga menunjukkan pergumulan dan masalah yang harus dia hadapi semasa menjadi mahasiswa.

Diketahui bahwa surat-surat tersebut dituliskan pada periode 1982 hingga 1984, lima tahun sebelum Obama akhirnya berkencan dengan Michelle yang menjadi istrinya hingga saat ini.

Dapat Surat dari Vadel Badjideh, Loly: Aku Bangga Jadi Pacar Kamu

Salah satu kutipan surat Obama yang puitis yakni, "Saya percaya kamu dalam kerinduanku, bagiku kau sepenting udara. Dalamnya keyakinanku padamu sedalam lautan dan cintaku sangat besar," tulis Obama sebagaimana dilansir BBC.

Namun disebutkan bahwa hubungan pacaran jarak jauh itu tak berlangsung lama.

Di bagian surat Obama yang lain, dia juga membicarakan tentang Indonesia saat dia kembali lagi pada tahun 1983 setelah sempat tinggal di Jakarta dan Bandung pada masa kecilnya. Pria yang lahir di Hawai tersebut mencurahkan hatinya alias curhat, betapa Indonesia tak lagi sama seperti sebelumnya. Dia sudah merasa asing.

"Saya bahkan sudah tidak bisa bicara dengan bahasa (Indonesia) yang benar lagi," tulis Presiden AS ke-44 tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya