Dua Masjid Diserang, 59 Jemaah Salat Jumat Tewas

Pasukan berjaga usai ledakan di masjid di Kabul
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Serangan terhadap dua masjid terjadi di Kabul, Afghanistan. Serangan terjadi di masjid di wilayah berbeda. Hal tersebut dibenarkan oleh otoritas setempat.

Fakta Terbaru Serangan Mematikan di Moskow Rusia, Ternyata Iran Sudah Lakukan Ini

Dikutip dari laman BBC, seorang pelaku bersenjata memasuki masjid aliran Syiah di Kabul dan kemudian menembaki lalu melakukan ledakan yang menewaskan 39 orang.

Serangan lain terjadi di masjid Sunni di Provinsi Ghor yang menewaskan sedikitnya 20 orang. Total korban 59 orang.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

ISIS atau IS menyatakan dalang di balik serangan dan pengeboman ini. Namun belum ada bukti yang jelas atas keterlibatan ISIS itu. Hingga saat ini hal tersebut masih diyakini sebatas klaim.

Walaupun diketahui bahwa organisasi militan itu sejak lama menargetkan masjid-masjid Syiah di Afghanistan. Serangan sebelum-sebelumnya di Kota Kabul diketahui telah menewaskan hingga 176 orang.

Kemarin Gamblang, Kini Rusia Secara Resmi Salahkan Ukraina atas Serangan Terorisme di Moskow

Salah seorang saksi mata di masjid Imam Zaman mengatakan bahwa bom meledak tatkala orang-orang sedang bersembahyang. Pelaku mulai menembaki orang-orang yang sedang melakukan salat Jumat dan tak lama menyusul terjadi ledakan. (ase)

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

Republik Islam Iran mengatakan bahwa pihaknya telah menangkap anggota kelompok terorisme Islamic State atau ISIS yang merencanakan serangan di negara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024