Jadi PM Lagi, Shinzo Abe Janji Galak ke Korea Utara

Rudal Korea Utara yang diluncurkan dan terbang di langit Jepang
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Terpilih kembali sebagai Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berjanji akan melakukan tindakan penangkalan yang kuat terhadap Korea Utara, yang selama ini melakukan ancaman keamanan.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Diketahui bahwa Korut, bahkan dua kali menerbangkan rudal yang diatur sempat terbang di wilayah Jepang.

Dikutip dari laman BBC, Selasa 24 Oktober 2017, Abe pada Pemilu yang diselenggarakan Minggu lalu, kembali mendapatkan mandat dengan perolehan suara terbanyak di Parlemen. Diketahui bahwa partai pendukung dan koalisinya memang mayoritas ada di Parlemen.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Korut dalam beberapa bulan terakhir dianggap menjadi ancaman serius bagi Jepang, tak hanya bagi Korea Selatan. Bahkan, merespons hal itu, Jepang bersama Korsel dan tentara Amerika Serikat, dengan sengaja melakukan latihan perang di semenanjung Korea, untuk memberikan efek menggentarkan bagi Pyongyang.

Sementara itu, Jepang diketahui juga sudah memasang sistem pertahanan antirudal di kawasannya khususnya yang berada tak jauh dari Korea.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

PM Abe mengatakan, dia akan membicarakan lebih lanjut mengenai mekanisme tindakan terhadap Korut itu dengan Presiden AS Donald Trump yang akan mengunjungi Jepang bulan depan. Dia menegaskan, Korut harus diberi tekanan lebih besar.

"Saya akan memastikan masyarakat Jepang, aman dan keselamatan bagi bangsa kita," kata Abe. (asp)

VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024