Soal AS Tolak Panglima TNI, Eks Kapuspen: Ini Aneh

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA – Kasus penolakan Customs Border Protection Amerika Serikat terhadap Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo masih berlanjut. Hingga saat ini, AS dianggap belum memberi penjelasan memuaskan mengenai insiden ini. Apalagi Panglima TNI diundang resmi oleh Pangab AS dan telah mendapatkan visa.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Namun ternyata pada saat akan berangkat, boarding pass Panglima TNI dan sang istri dari Doha ke AS tidak keluar. Padahal boarding pass dari Jakarta ke Doha sudah rilis. Diketahui bahwa seharusnya, Panglima TNI akan ke AS dengan menggunakan pesawat Emirates.

Sementara mantan Kapuspen TNI, Mayjen TNI Sudrajat yang memiliki pengalaman mengurusi keberangkatan pejabat TNI ke AS merasa bahwa insiden ini agak janggal. Dia juga menilai bahwa alasan Homeland Security bahwa penolakan dilakukan karena adanya keterlambatan penerbitan dokumen protokoler keamanan setempat adalah hal yang tak biasa.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

"Ini insiden dan agak aneh," kata Sudrajat kepada tvOne, Rabu 24 Oktober 2017.

Dia menilai, pihak Homeland Security selalu siap setiap waktu dalam menyiapkan keperluan keamanan apalagi hal itu terkait undangan resmi. 

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad

"Sampai Jenderal Gatot disetop mau boarding, saya merasa dipermalukan walaupun ada way out-nya namun it's too late," kata Sudrajat lagi.

Diketahui meski empat jam setelah ditolak, AS mengizinkan Panglima TNI Gatott Nurmantyo masuk AS, namun Gatot menolak berangkat. Dia juga sudah melaporkan terlebih dahulu kepada Presiden Jokowi dan Menko Polhukam Wiranto.

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin upacara laporan kenaikan pangkat 19 Pati TNI

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Upacara Laporan Korps Kenaikan Pangkat dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024