26-10-1942: Jepang Hancurkan Kapal Kebanggaan AS

Kapal USS Hornet
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Pada 75 tahun silam, kapal induk kebanggaan militer Amerika Serikat, USS Hornet, rusak parah dihabisi pesawat tempur Jepang dalam pertempuran Santa Cruz di kancah Perang Dunia Kedua. Kapal itu kemudian lama terabaikan.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Menurut laman History.com, pertempuran untuk mempertahankan Gualdacanal merupakan aksi ofensif AS yang pertama melawan Jepang. Hal itu dilakukan untuk menahan menyebarnya kekuatan Axis termasuk Jepang di dalamnya untuk mengambil lagi pulau-pulau yang berada di Solomon. Dikhawatirkan pada saat itu, Jepang juga akan menyerang hingga Australia.

Pada hari tersebut, dua pasukan khusus AL Amerika Serikat ditugaskan menyetop pelayaran tentara Jepang yang menuju ke Gualdacanal dengan kekuatan besar. 

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Saat itu, pasukan udara Jepang kemudian menembaki kapal perang AS South Dakota dan juga merusak kapal pengangkut kebanggaan AS, the Hornet. Ledakan yang dijatuhkan ke Hornet saking besarnya malah ikut merusak bomber Jepang.

USS Hornet merupakan kapal induk dengan kapasitas 20 ribu ton dan telah dilibatkan selama perang Doolittle Raid di Tokyo. Kapal induk super ini dianggap salah satu kunci terpenuhinya kebutuhan pertempuran selama masa perang.

Amerika Serikat Batasi Visa bagi Pejabat China

Pertempuran Santa Cruz menyebabkan AS kalah telak. Namun Jepang juga bukan tanpa kerugian. Negara itu harus kehilangan banyak akibat kerusakan parah sejumlah armada udaranya. (ren)

Ilustrasi pistol.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Tiga orang lainnya terluka dalam penembakan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020