Penduduk Liverpool Mau Boikot Coca Cola

Botol minuman ringan Coca Cola.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA – Seruan untuk melarang truk Natal Coca Cola datang dari penduduk Kota Liverpool, Inggris. Minuman berkarbonasi itu diduga menjadi salah satu penyebab kegemukan karena kadar gulanya yang tinggi.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Truk Natal Coca Cola biasanya mulai berkeliling Inggris menjelang Natal. Truk besar itu akan diparkir di area publik, membiarkan setiap warga berfoto dan melihat truk besar itu dari jarak dekat. Mereka juga membagikan secara gratis aneka jenis minuman soft drink tersebut. Tradisi ini sudah berjalan selama lima tahun.

Pemimpin Partai Liberal Demokrat di Liverpool, Richard Kemp, mengatakan kota tersebut sudah mendekati ambang epidemik obesitas. Ia yakin, kendaraan pengangkut minuman terkenal Coca Cola itu membawa produk yang sangat tidak sehat, seperti pernah dilaporkan di Liverpool Echo.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Diberitakan oleh BBC, 31 Oktober 2017, juru bicara perusahaan minuman soft drink mengatakan truk itu mengangkut minuman yang sudah dipromosikan bebas gula.

Kemps mengatakan, ia sudah mengirim surat kepada manajer distrik Liverpool One Shopping, dan menyampaikan keberatannya pada even tersebut. Ia mengaku menaruh perhatian pada masalah ini sejak empat bulan yang lalu, setelah sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Publik Liverpool menyampaikan, Coca Cola adalah cereal sarapan pagi dengan kadar gula paling tinggi.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

"Anda mungkin sadar, saat ini Liverpool berada dalam posisi menuju epidemic obesitas pada dewasa dan anak. 30 persen dari anak-anak kita yang berusia 11 tahun menderita obesitas," ujar Kemp seperti dikutip dari BBC, 31 Oktober 2017. "Alasan paling besar yang menjadi penyebab adalah mengonsumsi minuman tak berguna ini," ujarnya.

"Itulah mengapa saya terkejut karena ada rumor yang beredar bahwa Liverpool akan menyambut van Coca-Cola ke Liverpool. Kegiatan yang telah dilakukan  dalam lima tahun terakhir ini tidak dirancang untuk menyambut Natal, tetapi untuk meningkatkan konsumsi produk yang sangat tidak sehat," ujar Kemp menegaskan.

Seorang juru bicara Coca-Cola Great Britain mengatakan telah menerima "tanggapan positif dari banyak orang di Liverpool" selama kunjungan sebelumnya.

Dia menambahkan, "Orang-orang akan memiliki kesempatan untuk melihat truknya dari dekat, memotret mereka dan menikmati pilihan sekaleng Coca-Cola Classic berukuran kecil 150ml atau salah satu pilihan gula kami, Diet Coke atau Coca-Cola Zero Gula."

Sayangnya, tulis BBC, tak ada seorang warga di Liverpool yang bersedia mengomentari hal tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya